Mencari Topik Skripsi yang “benar-benar” Teknik Industri

Judul diatas perlu diperjelas dengan cerita sebagai berikut, suatu ketika ketika saya pulang sekolah di akhir 90-an, sedang timbul demam Balanced Scorecard (BSC) sebagai topik skripsi di Teknik Industri. Ketika menguji topik ini, seorang dosen TI menanyakan apakah topik BSC boleh dikerjakan oleh anak TI, karena bukankah topik ini adalah yang berasal dari manajemen/bisnis? (waktu itu program MBA di dunia juga sedang “demam” BSC)

Teman dosen inimengkritik dengan bertanya dimana cabang Ilmu TI yang mengayomi topik ini? Ini masakTeknik, khan tidak ada unsur kuantitatifnya?

Waktu itu saya berargumen 2 hal (khusus utk kasus BSC ini):

1. BSC bisa dikategorikan merupakan varian dalam manajemen kinerja perusahaan. Kinerja adalah urusan TI (lihat definisi saya tentang Keilmuan TI di blog ini). BSC juga memasukkan unsur produktivitas yang menjadi bagian utama dalam keilmuan TI. Jadi BSC dapat dikatakan merupakan cabang ilmu produktivitas di TI. Unsur kuantitatif harus didapatkan oleh mahasiswa dari perhitungan-perhitungan untuk menyusun indikator dalam BSC.

2. Keilmuan TI adalah keilmuan yang inklusif, ini bisa dilihat pada definisi TI. Inklusif adalah lawan kata dari ekslusif. Inklusif berarti kita tidak boleh mengurung diri dengan metode yang itu-itu saja, selalu mencari dan mengadopsi metode-metode yang bisa diambil untuk diterjemahkan di TI. Inklusifitas juga berati aplikasi kekuatan keilmuan TI ke bidang-bidang lain yang bukan merupakan bidang “tradisional” TI, seperti bidang jasa.

Diskusi berlanjut dengan menukik ke akar permasalahan pertanyaan yang menjadi judul blog ini: Bagaimana mendefinisikan bahwa sebuah topik skripsi itu adalah topik dalam keilmuan Teknik Industri? Apakah berarti bila kita mengukur kepuasan karyawan dengan metode psikologi, termasuk dalam keilmuan Teknik Industri? Apa bedanya TI dengan departemen manajemen di ekonomi?

Diskusi berakhir tanpa ada kesimpulan yang definitif. Mungkin memang ilmu TI mirip dengan cinta, susah diraba dan didefinisikan, hanya bisa dirasakan (“jika ada – yaa ada” : lebay mode on).

Saya punya pendapat tentang skripsi di Teknik Industri yang akan saya kemukakan disini, semoga membantu pemahaman anda tentang pemilihan topik di skripsi. Tetapi untuk memahami pendapat ini maka anda harus sementara setuju dengan definisi saya tentang Teknik Industri.

Saya memberikan istilah “ciri” dalam mengevaluasi suatu topik skripsi, dan menurut saya anda harus memiliki beberapa atau paling baik sebagian besar dari ciri-ciri. Anda juga harus bersiap diri untuk menerima bahwa teknik industri berada pada kemultidimensian, yaitu tidak ada satu ciri saja, yang ada adalah perlu beberapa ciri sekaligus.

5W + 1H: Minimal 2 Ciri

5W+1H adalah sebuah konsep yang pasti sering anda baca, yang terdiri atas what-where-who-why-when-how, yang berikut saya jabarkan penjelasan berdasarkan urutan bobot. Dimulai dari yang paling tinggi bobotnya, artinya

How

Teknik Industri memiliki metodologi-metodologi yang khas yang berasal dari keilmuannya, seperti optimasi operations research, penerapan statistik industri, MRP, time study, lean management, six sigma, pemodelan sistem dsb., walaupun terkadang metodologi ini juga diklaim oleh bidang lain, tapi secara umum digunakan didalam seluruh bidang teknik industri.

Ada beda antara tools dan metodologi, dan ini sudah pernah juga saya jelaskan dalam blog saya ini. Tools memiliki bobot tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan untuk skripsi bobot tools ini juga dipertimbangkan. Tentunya jika anda hanya menggunakan tool fishbone diagram dalam skripsi tentang sosiologi, bukan berarti topik ini adalah topik teknik industri. Sebuah tools biasanya juga memiliki langkah-langkah penyusunan atau analisa (metode). Sebuah metodologi biasanya juga menggunakan satu atau beberapa tools dalam langkah-langkahnya, biasanya bisa saja khas untuk metodologi itu atau menggunakan tools lain yang sering digunakan. Metodologi six sigma misalnya memiliki tools yang khas sekaligus tools-tools yang telah sering digunakan oleh bidang kualitas.

Where (Dimana topik skripsi anda – studi kasusnya)

Walaupun definisi industri mencakup pula industri jasa, tetapi secara tradisional industri manufakturlah yang menjadi bidang utama Teknik Industri. Jadi jika anda menggunakan sebuah metodologi khas teknik industri diatas dan untuk suatu problem di industri manufaktur, maka anda boleh lolos 100% dg cap teknik industri di dahi anda.

What , When dan Who (5M – Man Money Methods Machine Materials)

Ke 3W lainnya akan saya jadikan satu saja, saya akan menggunakan lagi singkatan yang amat kita kenal, yaitu 5M. 5M menggambarkan secara sederhana komponen industri: Man (Who) berarti anda berurusan dengan faktor manusia (ergonomi, kinerja, organisasi), Methods (When) berarti anda mencoba memperbaiki proses (yang biasanya berkisar kepada efisiensi waktu), Machine berarti anda mencoba meningkatkan manfaat dari mesin (pemeliharaan, perancangan dsb), Money berarti anda ingin memperbaiki perhitungan biaya dan Materials yang berarti anda ingin meningkatkan aliran material, pengadaannya, rantai suplai dsb.

Bagian ini semuanya adalah What, yaitu apa yang anda ingin improve dari where melalui how anda. Loh bagaimana dengan informasi? energi? dsb? Disinilah why bisa membantu anda.

Why

Why atau mengapa, mengingatkan anda kembali bahwa tujuan utama dari semua penelitian kita adalah yang menjadi ultimate goals, yaitu efisiensi dan efektivitas optimal dari sistem. Muaranya adalah mencoba meningkatkan ini. Aspek informasi dan energi kita analisa untuk apa? Jika tidak jelas arahnya dan tidak bisa dikuantifikasi hasil efisiensi atau peningkatan efektivitasnya dalam kerangka 5M diatas maka mungkin topik anda lebih kearah bidang ilmu lain. Sebagai contoh anda memiliki topik merancang website perusahaan, tetapi sebuah website company profile biasa, bukan CRM untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (efektivitas), maka ini pasti bukan topik di teknik industri.

Ciri Tugas seorang Perekayasa Industri: Merancang, Meningkatkan dan Menginstalasi

Semakin baik adalah jika anda melakukan perancangan, kemudian peningkatan atau paling tidak instalasi. Perancangan menunjukkan ciri seorang engineer atau perekayasa, sehingga menunjukkan perbedaaan utama teknik industri dengan disiplin ilmu ekonomi. Kalaupun anda melakukan peningkatan atau instalasi, kemaslah apa yang anda lakukan sebagai sebuah “rancangan” solusi yang multidisiplin dan multi pendekatan.

Kualitatif vs Kuantitatif: Sebaiknya Kuantitatif

Kalau bagian ini adalah titipan dari induk keilmuan teknik industri, yaitu teknik. Dalam ilmu teknik, kita tidak menerima studi literatur yang sama sekali tidak memiliki dasar kuantitatif. Didalam definisi TI sendiri memang menunjukkan aspek kuantitatif dengan meminta kita menspesifikasikan, memprediksikan dan mengevaluasi, dimana ketiganya menunjukkan 3 aktivitas yang membutuhkan data kuantitatif, atau paling tidak semi-kuantitatif.

Kata-kata Terakhir (Last Words)

Akhirnya semua hal diatas adalah tergantung dari anda bagaimana meramu argumentasi anda untuk mempertahankan topik skripsi atau topik tesis anda, dan berharap pembimbing dan penguji anda menerima argumentasi anda bahwa ini Teknik Industri loh.

Saya pribadi sangat mencintai keilmuan Teknik Industri karena inklusifitas yang mengadopsi apa saja selama itu memberikan hasil peningkatan efisiensi dan efektivitas, sehingga membuat saya tidak bosan, selalu belajar dan membuka pikiran. Walaupun mungkin saya juga kesulitan untuk membela hal ini jika topik skripsi mahasiswa terlalu jauh “mengembara ke padang perburuan tetangga”.

Semua ciri diatas semoga membantu anda menyusun argumentasi anda.

308 komentar pada “Mencari Topik Skripsi yang “benar-benar” Teknik Industri”

  1. Selamat siang pak hidayatno,
    saya adalah mahasiswa yang sedang merencanakan skripsi dengan judul analisis forecasting pada pergerakan saham dengan metode arima dan fuzzy time series (studi kasus pt. xyz). Judul yang saya sebutkan tadi apa masih relate dengan jurusan teknik industri?
    Mohon pencerahannya pak.
    Terima kasih

    1. Tergantung pembimbing anda kelihatannya. Saran saya diarahkan ke pengambilan keputusan dan pergerakan sahamnya misalnya untuk industri manufaktur atau logistik

  2. Izin bertanya pak, saya punya saudara bekerja di home industri di bidang general supplier atau disebut pengadaan barang dan jasa dalam sektor “pemerintah”. Pertanyaanya apakah jurusan teknik industri bisa melakukan penelitian tersebut jika bisa saya harus fokus ke topik mana pak. Terimakasih

    1. Pernah gagal nggak mengajukan tender ke pemerintah? coba dievaluasi mengapa kok gagal, apakah dari pesertanya atau dari proses tendernya yang harus diperbaiki?

      1. Mengenai tender mungkin belum pernah mengalami kegagalan pak, tetapi dalam pemenuhan pesanan pernah mengalami keterlambatan pengiriman dan pemesanan barang sering kelebihan dan kekurangan dari pihak supplier. Dengan kasus tersebut apakah bisa penelitian mengenai “Pengukuran Kinerja Supply Chain Manajemen” pak? trimakasih banyak pak

      2. Saya kita bisa saja, berbasis pengalaman masa lampau yaa, berarti kan asumsinya fokus kinerja yang salah, mengakibatkan kegagalan pencapaian tender

  3. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Terima kasih Pak untuk ilmunya dan salam kenal juga.
    Saya ingin bertanya pada Bapak, saya mahasiswa dari teknik industri dan sekarang lagi mau bikin skripsi, nah judul yang akan saya buat yaitu “Studi Kelayakan Usaha Berdasarkan Aspek Finansial Pada Asma Nadia Publishing House”
    Apakah judul tersebut termasuk ke dalam Teknik Industri pak ?

    Terima Kasih Pak

  4. Halo pak Hidayatno, saya sangat tertarik dengan blog bapak mengenai hal ini.
    Jadi, saya merupakan mahasiswi teknik industri yang sedang mengambil tugas akhir. Namun saya masih bingung untuk topik yang baik, dan dari permasalahan yang ada.
    Jika teman saya memiliki bisnis catering dan problem yang dia bilang adalah service, apakah metode yang bisa diambil adalah analisa kepuasan pelanggan dengan metode servqual atau Pengembangan produk cateringnya ? Karena saya masih bingung dengan hal ini.
    Kedua, jika memang ada perusahaan besar yang sudah acc, namun dospem ragu untuk mengiyakan karena takut data masih secret itu gimana ya pak baiknya? Terima kasih

    1. Pertama, bisa. Kedua, memang benar data penting dalam menyusun skripsi. Jadi biasanya kita boleh menggunakan data, namun tidak boleh mengeluarkan data aslinya atau menyebutkan perusahaannya. Coba cari kesepakatan yang bisa membuat anda diperbolehkan mengakses datanya.

  5. assalamualaikum pak
    saya mahasiswa semester 7 pak yang masih dibingungkan menentukan topik permasalah skripsi saya pak sekarang saya bekerja disebuat kedai susu dan rencananya saya ingin ambil skripsi di tempat saya kerja ini sebenarnya sudah ada bayangan permasalahan disini pak diantaranya manajerial yng kurang tertata, pelayanan pelanggan yng masih belum memiliki ciri khasnya dan keterbatasan lahan parkir…yang mau saya tanyakan dari permasalah tersebut sebaiknya sayang mengangkat topik permasalahan yng mna pak agar variabelnya maupun datanya tidak terlalu kompleks dan gampang dikuasain mohon solusinya pak trimakasih 🙏🏻

    1. Karena sudah lumayan kompleks ukuran kinerjanya, gimana jika anda menggunakan pendekatan kualitas saya seperti six-sigma dan lainnya. Karena masih bersifat umum pendekatannya, anda bisa memilih project yang disesuaikan dengan keterbatasan yang kamu hadapi disana, termasuk persetujuan pembimbing nantinya.

  6. Pak saya mengambil topik tentang produktivitas tadinya saya menggunakan metode apc dan coub douglass tapi di sarankan pilih salah satu dan di kaitkan ke kinerjanya ,jafi saya ukur produktivitasnya menggunakan american product center (APC) baru mengukur kinerjanya nah yang saya tanyakan metode apa untuk kinerja yg bisa nyambung dengan APC atau saran dari bapak terima kasih sebelumnya

    1. Saya sudah lama sekali tidak membahas tentang Produktivitas, karena sudah masuk ke arah kombinasi kinerja yang lebih kompleks, jadi saya tidak bisa membantu. Apalagi hal ini sangat spesifik terhadap American Productivity Center Measurement.

  7. Assalamu’alaikum pak
    Saya skripsi tentang analisis penerapan ghmp. Metode apa saja yg cocok utk membandingkan kinerja yg diterapkan dgn yg diharapkan ?
    Terimakasih atas jawaban nya 🙏

    1. Anda sudah tepat mengasumsikan bahwa Good Halal Manufacturing Practice dan Good Manufacturing Practice berfokus kepada ukuran kinerja yang berbeda. Di Sistem kualitas, kinerja biasanya menjadi salah satu fokus utama. Jadi menurut saya anda bisa menggunakan berbagai metode di sistem kualitas untuk ini sebagai basis, misalnya servqual atau QFD.

  8. Assalamualaikum pak,mohon maaf sy ingin bertanya.
    Apakah jika hanya sebatas evaluasi lingkungan kerja fisik seperti evaluasi tingkat kebisingan dan temperatur masih dalam lingkup bidang keilmuan teknik industri dan dapat diangkat dalam penelitian skripsi pak ?
    ataukah sy harus mencari pengaruhnya terhadap manusia juga ?
    Terima Kasih sebelumnya pak.

    1. Tergantung kebiasaan di kampus kamu. Sekarang ini sudah ada jurusan keselamatan dan kesehatan kerja yang menggunakan teknik yang sama yang kamu tuliskan. Jadinya menurut saya bedanya TI dengan mereka yaa pada aspek manusianya ya. Terutama yang berhubungan dengan produktivitas manusia tersebut (kinerja kuantitatif)

  9. Salam kenal pak, saya sudah semester akhir dan sedang mencari judul skripsi. Saya ingin mengangkat judul “Analisa peningkatan kualitas”. Saya ingin meminta saran menurut Bapak perusahaan yang bagus dan mudah untuk saya penelitian itu seperti apa? dan metode yang pas itu apa?
    Terima Kasih

    1. Judul kamu masih topik, dan itupun sebenarnya adalah metode. Judul yang baik kan lengkap antara subyek, metode dan obyek yang akan dibahas. Boleh saja memulai proses skripsi dengan memilih dulu metode dulu, namun kan harus ada obyeknya dan siapa yang berkepentingan (subyek).

      Perusahaan yang bagus ya tentunya yang bisa memberikan kamu akses untuk mengumpulkan data ya, itu syarat pertama. Lalu jika bisa yang dikenal publik sebagai perusahaan yang bagus, supaya nanti kamu bisa menjual topik skripsi kamu ke dunia kerja, kan mereka juga melihat apakah kamu punya pengalaman belajar di perusahaan yang bagus.

      Metodenya yaa gunakan saja metode yang diajarkan di kualitas, apakah 7 steps, Six Sigma atau lainnya

  10. Assalamu’alaikum
    Terima kasih ats ilmu2 yg bapak berikan. Semoga dgn ilmu yg bapak berikan dpt mengantarkan bpk k surga. Aaamiin..
    Selama ini saya melihat persaingan antar provider (Telkomsel, 3, Indosat dll) makin sengit. Disini saya paparkan 1 provider saja krn intinya sama. Telkomsel memiliki aplikasi Tcash dan My Telkomsel. Dari aplikasi itu pengguna bisa membeli pulsa, pkt data, token dll. Pada aplikasi tersebut banyak sekali promo2 yg diberikan. Oleh karena itu bisa dibilang hrg lbh murah beli melalui aplikasi tsb dr pada beli langsung ke konter2 pulsa. Dan sekarang ini pihak telkomsel sangat2 gencar mempromosikan aplikasi tcash tsb yg menurut saya lambat laun berdampak terhadap keberlangsungan konter2 pulsa. Saya ingin membahas hal tsb dalam skripsi saya. Tp saya masih bingun utk mengulasnya dalam bidang teknik industri. Saya berharap bapak dapat memberi pencerahan kpd saya.
    Terima kasih pak

    1. Saya sarankan menggunakan metode yang berbasis kepada analisa kelayakan yang bersifat masa depan. Artinya jika anda berminat menjadi agen pulsa di 5-10 tahun mendatang, apakah menguntungkan jika dibandingkan dengan T-Cash atau bentuk uang elektronik lainnya (OVO, sakuku, gopay dsb)

  11. asaalamualaikum pak, selamat malam
    saya mahasiswa TI semester 8
    saya ingin mengambil tentang PRAMUKA untuk saya jadikan sebagai proposal skripsi/tugas akhir bisa atau tidak pak? ,
    dan apabila bisa t,, metode apa yang harus saya pakai?
    mohon bantuan nya pak

  12. Assallamualaikum,
    Selamat siang Pak Hidayatno,
    Senang sekali bisa menambah wawasan teknik industri lewat penjabaran yang lebih nyaman ditelan lewat blog bapak ini,
    Saya Bekti Pak, dari alumni D3 teknik tenaga listrik, sekarang sedang lanjut studi s1 teknik industri.Saya sekrang sedang bekerja di power plant tenaga gas da uap Pak.
    Kalau saya merancang skripsi saya tentang bahasan penjadwalan perbaikan pembangkit ditinjau dari sisi kebutuhan pembangkitan listrik (per hari), running hour mesin pembangkit, ketersediaan pembangkit yang dapat beroperasi dan ketersediaan tenaga kerja apakah masih bisa masuk ke ranah teknik industri ya pak ?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Masih bisa jika anda menggunakan optimasi atau menambahkan aspek resiko berupa ketidakpastian. (Maaf saya mungkin menggunakan perspektif TIUI disini)

      1. Terima kasih Pak balasannya.
        Yang dimaksud optimasi disini berarti perbaikan dari penjadwalan yang sudah ada ya Pak ?
        Kalau until aspek resiko berupa ketidak pastiaan maksudnya bagaimana ya, Pak ?
        Apakah seperti ketidakpastian dalam probabilitas statistik, Pak ?
        Iya Pak terima kasih. Ini rencana akan melanjutkan ke S2 UI Pak. Semoga bisa berguru langsung dengan Pak Hidayatno. Aamiin ya robb.

      2. 1. iya
        2. Dimasukkan sebagai nilai yang bisa berubah-ubah sesuai dengan pola sebaran datanya di dunia nyata
        3. Ketidakpastian memang diterjemahkan dalam probabilities atau dalam bentuk lain menjadi stochastic

  13. Selamat malam pak. Saya fadli mahasiswa teknik industri utu, saya ingin menanyakan tentang topik TA perancangan produk, saya berfikir tentang alat detektor untuk peternakan, misalkan kerbau dipasangkan alat detektor sederhana dengan tujuan kerbau yg dipagi hari dilepaskan dengan harapan sore hari akan lebih mudah ditemukan, untuk mengefesiensikan tenaga dan waktu dalam pencarian bagi petani yg memelihara kerbau ataupun sejenisnya. Yg ingin saya ketahui apakah layak dijadikan topik TA, bila memang layak bagaimana baiknya menyusunkan bahasa untuk judul skripsi dan metode apa yg bagus saya gunakan untuk menyelesaikan skripsi.

    1. Tergantung kampus dan pembimbing kamu.. Sekilas ini berarti masuk ke perancangan produk. Artinya rule of thumb judul adalah nama produk, metode perancangan yang dipakai, masalah yang diselesaikan oleh produk tersebut.
      Untuk metode, saya tidak familiar dengan proses perancangan produk. Dan ini juga tergantung kamu apakah sampai konseptualisasi produk, prototipe atau hingga mass production design

  14. Selamat Pagi Pak. Saya Mei Mahasiswa Teknik Industri. Sekarang saya sudah berada di Semester 8 dan sedang menegerjakan skripsi. Saya ingin bertanya
    1. Saya mengambil topik TPM dengan menggunakan metode OEE, Six Big Losses, MTBF dan MTTR, Fishbone, dan Biaya. Apakah perhitungan ini sudah cukup jika mengarah ke downtime mesin yang tinggi ? atau ada saran untuk menambah metode saya?
    2. Dalam skripsi ini saya melakukan penelitian bersama dua teman saya. namun berbeda lini. Mereka mengangkat topik Lean MAnufakturing dan Lean Six Sigma. Apakah topik saya ini terlalu mudah jika dibandingkan dengan teman saya ? Terimakasih.

    1. 1. Silahkan saja, asal anda merangkainya dengan baikm, karena setiap tools akan menghasilkan analisa berbeda yang perlu saling terangkai dan menunjang dengan baik.
      2. Tidak bisa saya nilai karena saya tidak tahu sedalam apa teman teman anda melakukan analisa nya dan apakah sampai ke fase implementasi perbaikan

  15. Salam sejahtera pak Hidayatno. Saya adalah mahasiswa S1 Teknik Industri di sebuah universitas di Jabodetabek yang sedang mencari topik skripsi. Saya sangat tertarik sekali membaca tulisan bapak tentang berpikir sistem karena menurut saya dengan menguasai berpikir sistem akan meluaskan (membuat komprehensif) solusi yang ditawarkan lulusan Teknik Industri dalam menghadapi masalah-masalahnya di masa depan.
    Pertanyaan saya,
    1. apakah semua output penelitian dalam “system engineering” ataupun “system thinking” adalah sebuah model matematis yang merupakan simplifikasi dari persepsi peneliti melihat masalahnya? Karena entah kenapa pada saat saya membaca penelitian tentang rekayasa sistem, selalu yang keluar penelitian dengan output model angka-angka yang njelimet dan lain-lain.
    2. Apakah ada cara bagi saya untuk mengetahui perkembangan terakhir dari keilmuan system engineering pak? Mungkin dari situ, saya bisa menemukan research gap system engineering yang “pas” buat saya teliti.

    1. 1. Tidak, itu hanya jika anda memang mengambil topik optimasi atau statistik. Secara paper memang lebih banyak yang menggunakan optimasi, tapi ada juga sebenarnya yang non optimasi, namun memang tidak disebutkan spesifik sebagai systems engineering. Salah satu journal IISE, Journal of Enterprise Transformation, banyak paper tidak menggunakan optimasi.
      2. Coba mulai dari cara Pendekatan nya dulu yang sistemik, cari pada proses pengidentifikasian masalah secara sistemik dengan mengambil topik sistem yang kompleks, baru masuk ke metode penyelesaiannya. Jadi mirip dengan Teknik Industri, dimana tidak ada metode “asli” penyelesaian masalah, karena semuanya diadopsi dari bidang ilmu lain. Maka Rekayasa Sistem juga sama, metodenya adalah diambil atau diadaptasi dari bidang ilmu lainnya

  16. Assalamualaikum Pak, saya mhsiswi smt 7 yg akan menyusun skripsi. Saya mau menanyakan topik apa yang pas untuk manajemen logstik dan metodenya, kemungkinan saya akan mengambil data di UKM roti. Makasih sebelumnya Pak

    1. Saya kira semua permasalahan logistik tetap ada pada skala mikro UKM, apakah itu pengadaan, persediaan, Pengantaran, jadi yaa tinggal dilihat apakah masalah yang dihadapi ada yang sama. Baru setelah itu metode bisa dipilih.

  17. Selamat siang, Pak ..
    Maaf sebelumnya mengganggu ..
    Mau tanya, Pak. Ini kan saya sedang PKL di PT. Pertamina (Persero), saya bingung untuk mengambil judul terkait teknik industri khususnya minat sistem manufaktur, karena menurut saya di perusahaan ini sistem kerjanya hampir mendekati 100% dan hampir tidak ada masalah untuk dibahas. Mungkin bapak bisa membantu saya ..
    Terima kasih sebelumnya, Pak. Jbu ..

    1. Masalah adakah kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi yang diinginkan. Jadi saya ragu jika ada perusahaan yang 100%, karena pasti situasi dan kondisi berubah sehingga kondisi yang diinginkan pasti berubah pula, sehingga kesenjangan itu selalu ada.

  18. selamat sore pak. saya mahasiswa TI kelas karyawan smester 8. sekarang saya sedang menyusun profosal judul skripsi. masalahnya saya kesulitan mencari masalahnya apa di perusahaan tempat saya bekerja. setiap saya wawancara dengan rekan kerja bahkan sempat ke leader d departement saya, mereka mnjawab selalu ada solusi yang di lakukan untuk mengatasi masalahnya. jdi tidak ada masalah yg begitu besar d perusahaan. bisa bapak bantu caranya seperti apa supaya saya mudah mencari akar permasalahannya seperti apa? terimakasih pak.

    1. Solusi selalu ada, namun solusi yang menyelesaikan akar masalahnya adalah yang dicari. Coba tanyakan kembali apakah ada masalah yang berulang timbul walaupun sudah diberikan solusi. Ini berarti solusi yang dilakukan tidak menyelesaikan akar masalah, namun hanya menyelesaikan gejala masalah.

  19. Selamat sore pak…
    Saya mampir di blok bapak karena saya tertarik membaca isi dari blog bpk mengenai TI.
    Sya mahasiswa semester 8 jurusan teknik manajemen industri khususnya di bagian mutu(quality) soalnya di kampus saya TI dibagi 2 yaitu manufaktur dan mutu.
    Saya minta saran buat judul skripsi selain dmaic,7tools,lean six sigma,oee karena di kampus saya skripsi ttg tuh dibatasi boleh dikatankan gak memadai lagi.saya pkl di perusahaan yang bergerak dibidang produksi komponen otomotif (dengan material barang setengah jadi)

    1. Coba ekspansi pada skala analisanya, mungkin yang tidak boleh adalah kualitas pada sisi produk atau ruang kerja, namun jika kualitas pada aspek desain produk, (Design for Six Sigma) Atau pada aliran suplai (Six Sigma on Supply Chain) bisa kamu lakukan.

  20. selamat malam pak, saya mau tanya mengenai judul yang pas untuk k3 teknik industri.
    dan juga judul yg pas buat topik pengembangan dlm teknik industri.
    mohon referensi judul yg bagus pak.
    terima kasih.

    1. K3 bukan bidang primer saya, ada baiknya kamu diskusikan dulu dengan pembimbing. Di UI karena sudah ada K3 di FKM, topik ini jarang dilakukan, kecuali yang memiliki muatan analisa faktor manusia mesin yang kuat.

  21. selamat malam pak, saya sudah melakukan studi pendahuluan selama 2 semester namun belum juga menghasilkan topik yang pasti, data penguat tidak ada di perusahaan. menurut anda apakah saya harus ganti perusahaan atau mencari topik lain di perusahaan tsb.
    terimakasih

  22. Salam sejahtera pa, saya mau tanya, saya sedang ingin mengambil TA tentang Sistem Informasi Manajemen, dan ingin melakukannya di sekolah SMK, kira-kira hal apa yang dapat dijadikan topik dengan berlandaskan sistem informasi manajemen terima kasih

    1. Di blog ini ada artikel tentang mencari topik skripsi, intinya coba kamu amati permasalahan yang timbul di SMK tersebut dengan kacamata 5M, lalu coba cari solusinya

  23. Selamat siang pak,
    Saya mahasiswa Teknik Industri yang lagi cari topik buat tugas akhir, nah ada bayangan mengenai topik SAP, tapi kalau dalam teknik industri untuk SAP sendiri kira-kira menurut bapak apa yang perlu dibahas ya pak ? terimakasih

  24. selamat malam pak
    menurut bapak apa yang bisa saya bahas di dalam departmen facilty untuk skripsi ya pak.?
    mohon masukan nya pak

  25. Selamat siang Bapak. Saya Galih mahasiswa teknik Industri.
    Saya sedang mempertimbangkan untuk mengambil topik skripsi MSDM dengan judul “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan”. Dan dosen pembimbing saya mengatakan bahwa MSDM itu adalah wilayah abu-abu yang diambil oleh psikologi, manajemen dan teknik industri, sehingga beliau meminta saya untuk mencari jurnal-jurnal dengan topik sejenis yang mendukung metodologi yang “teknik industri banget”. Dan sampai disini saya bingung metodologi penelitian yang “teknik industri banget” itu seperti apa ya? dan apa yang membedakan dengan manajemen dan psikologi?
    Terima kasih atas perhatian Bapak.

    1. Biasanya masih memungkinkan menggunakan topik SDM selama masih dalam industri manufaktur selama Faktor nya berhubungan dengan kompetensi keteknikindustrian. Atau menggunakan tools analisa faktor yang diajarkan di Statistik Industri seperti SEM atau Advanced Statistic lainnya.

      Saya bukan di bidang SDM, namun yang penting adalah bagaimana anda bisa meyakinkan pembimbing anda yaa

  26. Selamat sore Pak Hidayatno,
    Wah isi blog bapak menarik sekali membahas hal-hal keteknik industrian.
    Saya ingin tanya pak, kira kira untuk tema skripsi yang cocok bila mengambil kasus di sebuah PLTU apa ya pak?
    Saya punya pikiran untuk menganalisis efisiensi boiler PLTU tsb, hasil dari perhitungan nanti dibandingkan dengan nilai efisiensi desain dari boiler, dan jika tidak efisien nanti akan saya analisis penyebabnya dengan tools identifikasi masalah misalnya RCA. Kira-kira bagaimana ya pak apakah cocok untuk skripsi TI?
    Mohon sarannya pak, terima kasih ☺️

  27. Selamat malam pak
    saya irianty, mau tanya pak tentang Inventory. Saya baca beberapa jurnal TA mengenai topik inventory probabilistik model Q, dan saya baca juga buku yang berjudul sistem inventory dari Senator NB. Ada satu hal yang saya belum pahami, di rumuskan bahwa (Ongkos Total = Ongkos Pesan + Ongkos Beli + Ongkos Simpan + Ongkos Kekurangan) yang saya mau tanyakan adalah kenapa harus ada ongkos kekurangan sedangkan barang yang disimpan masih ada?
    ongkos kekurangan ada karena tidak adanya barang yang tersedia digudang dan ongkos simpan ada karena masiha adanya barang yang tersimpan digudang.

    Terima kasih pak..

    1. Dalam sebuah persamaan matematika, penambahan jika ada salah satu nilai variabel dalam persamaan itu adalah 0 maka tidak berubah yaa jumlah totalnya. Jadi maksudnya adalah jika barang tidak ada maka ongkos simpan menjadi 0, tapi akan timbul ongkos kekurangan, dan sebaliknya

  28. selamat malam pak,
    saya akan melanjutkan studi ke jenjang s2. tapi terdapat jurusan indutrial engineering dan management engineering. yang mau saya tanyakan apakah industrial dan managemen engineering sama ?

    1. Bagi jurusan/departemen/sekolah/PS yang memiliki 2 prodi/peminatan semacam ini maka ini sebenarnya merupakan pembeda secara sederhana antara yang berminat dibidang manufaktur atau dibidang jasa. Industrial Engineering berfokus kepada product realization, sedangkan engineering management ke project realization.

    1. Ini akan berbeda-beda untuk setiap institusi penyelenggara, namun secara umum pembedahan utama antara topik S1 dan S2 adalah kedalaman dan/atau kepuasan proses yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan. Salah satu penyeberangan yang sering saya sampaikan adalah di S1 masih boleh hanya fokus ke How, namun di S2 sudah harus berbicara Why dan kontèks dari solusi yang disampaikan.

  29. Selamat sore Pak. Saya Roy, saat ini saya sedang menyusun skripsi. Saya sudah bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit di departemen sustainability. Mohon bantuan Pak, kira2 topik apa yang bisa diambil dari dari bidang kerja saya ini Pak?. Saya sangat kesulitan menemukan topik yang tepat. Sudah beberapa kali saya ajukan ke kampus namun di tolak. Terima kasih banyak pak.

  30. selamat malam pak, saya mau tanya tentang judul untuk perusahaan semi konduktor apa yang cocok ya pak

  31. Salam kenal Pak.,
    Saya Anselmo dos Santos, Dari Timor-Leste, sya mhswa UNPAZ Jurusan Teknik Industri,
    Saat ini sya sedang mencari judul untuk Tugas Akhir saya namun saya bingun, dengan penilitian saya di perusahaan jornal, saya telah mengetahui masala-masalah yang terjadi di bagian tertentu yakni ;bagian penjualan/pemasaran jornal sangat kurang dan bahkan jornal masih banyak yang belum dijudul dan satu lagi di bagian operasi mesing sangat menurung maksud setiap mesin yang rusak untuk diperbaiki sangat lamah setidaknya perminguan baru diperbaiki…..
    …………………………………………………………………………………………………………………………….
    MOHON MAAF DIMENGERTI YA PAK, BAHASA SAYA SANGAT PASARAN, SAYA SAMA SEKALI TDK TAU BAHASA INDONESIA TAPI TERPAKSA KARNA SAYA BENAR-BENAR MENGAMBIL JUDUL YANG BERKAITAN DI BAGIAN YANG TLAHKU JELASI ITU.
    SEKALI LAGI SAYA MINTA MAAF DAN Mohon masukannya Pak.,trim’s…

    1. Semua pemecahan masalah harus dimulai dengan memahami masalahnya. Kalau di kelas tentang kualitas, konsep PDCA yang dikenalkan selalu memulai dengan Plan. Fase Plan ini yang penting dan harus dilakukan untuk memahami masalah dan mencari AKAR permasalahanya. Yang kamu tuliskan masih merupakan gejala masalahnya, belum permasalahan akarnya. Saya sarankan kamu untuk menggunakan metode six sigmasigm atau TULTA *Tujuh Langkah Tujuh Alat, untuk menyusun tugas kamu.

  32. Assalamu’alaikum Pak, Saya Ulfa mahasiswa TI sm 8. Saya tetarik membuat skripsi tentang Perbandingan tingkat kinerja seseorang dengan mendengarkan music dan al-quran. bagaimana menurut bapak ? dan saya masih bingung untuk tempat penelitian dan juga metode yg digunakan. Mohon sarannya

    1. Ini merupakan bidang ergonomi atau faktor manusia. Saya tidak begitu memahami tentang pola riset yang dilakukan di ergonomi. Terutama menyangkut persepsi seperti ini. Dan kamu bertanya dengan kata “dan”, berarti mendengarkan musik bersamaan dengan al-quran, ya pasti bingun yaa.

      Coba cari peneliti atau dosen ergonomi yang lebih kompeten dari saya.

  33. Selamat malam, pak. Saya mahasiswi TI semester 10. Perusahaan obyek skripsi saya adalah perusahan daur ulang plastik yang terkena dampak dari isu lingkungan baru- baru ini serta kebijakan diet plastik pemerintah sehingga permintaan mereka menurun cukup signifikan. Mereka mengambil tindakan pengurangan shift, pengurangan produksi, bahkan hingga phk.

    Apakah menurut bapak analisis strategi perusahaan dan kaitannya terhadap proses perencaan produksi dapat menjadi topik untuk permasalahan di atas? Metode apa yang sekiranya cocok ya, pak?
    Terima kasih banyak atas perhatiannya.

    1. Bisa saja. Namun kalau memang demandnya turun karena adanya faktor struktural strategis, mungkin analisa strateginya agak sulit jika kearah perencanaan produksi yaa. Bisa jadi analisa strategi ke arah diversifikasi produk yang bisa berakibat kepada perubahan kemampuan produksi. Kalau analisa strategi yaa gunakan saja metode klasik seperti SWOT, IFE/EFE dst.

  34. Selamat siang pak. Saya mau tanya, kira2 kalo saya ambil TA tentang pengadaan, metode apa saja yang bisa saya pakai?

    Terimakasih.

  35. Selamat malam pak, saya mhs TI smstr 8, saya sdg mengambil TA dengan tema Inventory, kiraa2 jenis2 software apa aja yah pak yang terupdate yang mudah digunakan untuk pengerjaan baik bagi perusahaan dan penyusun khususnya? trmksh

    1. Tidak ada software spesifik untuk inventory saat ini karena sekarang trendnya adalah integrasi melalui ERP, jadi modul inventory akan merupakan bagian dari ERP.

  36. Selamat sore pak

    saya wahyu mahasiswa S2 tehnik industri saat ini saya sedang menyusun tesis … sementara S1 saya dari tehnik mesin judul yang saya ambil adalah optimalisasi instalasi penjernihan air agak bingung dengan memasukan unsur keilmuan industri agar tesis ini nantinya bisa menggambarkan hasilnya dalam pandangan tehnik industri, mohon saran dan arahannya pak .. selamat sore dan terima kasih
    salam

    1. Saya juga bingung menjawab karena biasanya topik tesis akan berbeda dengan skripsi jika berbeda bidang keilmuan antara s1 dan s2. Coba diperluas ke aspek 5M deh

  37. selamat sore pak. saya sedang menyususn skripsi. saya ingin mengambil masalah yang tidak terkait sama perusahaan. seperti kepuasan pelanggan contohnya. kira-kira metode terbaru yang bisa dipakai apa ya pak?

    1. Perusahaan adalah salah satu bentuk organisasi yang menjual jasa atau produk untuk mencari keuntungan bagi pemilik atau pemegang saham. Jadi maksudnya bukan perusahaan apa?

      Jika kepuasan pelanggan ini bukan pelanggan perusahaan, namun entah pelanggan apa, misalnya individu, maka biasanya anda bisa menggunakan metode statistik yang terbaru untuk mencari hasilnya. Coba gunakan data mining atau statistik stochastic.

  38. Slamat sore saya mahasiswa TI pak saya mau tanya “apaka judul sekripsi tempat penelitian seperti ( SMPN 2 ) Bole disingkat” sebelumnya trima kasih pak.

    1. Tergantung kebiasaan masing-masing kampus. Kalau saya sih selama singkatan itu resmi dan ada regulasinya yaa tidak apa-apa. SMPN kan bahkan memang ada peraturan yang menggunakan istilah itu.

  39. selamat malam pak, saya mau tanya, untuk belajar Promodel bisa dimana ya pak? apakah promodel bisa digunakan untuk mensimulasikan mixed model production? terima kasih

    1. Promodel secara resmi tdk memiliki perwakilan yang bisa memberikan training resmi .Memang untuk versi akademis mereka membolehkan dimasukkan dalam praktikum namun tidak diperbolehkan mengeluarkan sertifikat atas nama Promodel. Jadi saran saya sih belajar otodidak saja, karena modul-modulnya secara sederhana bisa diikuti dengan mudah.

  40. selamat malam pak, saya mau tanya apakah metode FTA/FMEA masuk dalam ilmu teknik industri?

  41. selamat malam pak. saya mau bertanya tentang topik pemilihan supplier jika dikaitkan dengan key performance indikatornya, kira2 pake metode apa ya pak? teimakasih pak

  42. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Langsung ajha pa, apakah sudah pernah ada yang membahas skripsi mengenai masalah masalah yang ada dilingkungan perusahaan galvanize ( terutama pencelupan pipa galvanize ). dari sisi teknik industri, berkaitan dengan proses pencelupan nya. Kiranya topik skripsi yang relepan bapak bisa mengarahkannya.. terimakasih untuk saran – sarannya….

  43. Selamat siang pak agung. Saya mahsiswi semater akir. Objek penelitian saya di sekolah SMA. Sya trtarik mengambil judul perencanaan produksi namun sy rasa tidak cocok. Jdi judul skripsi yang cocok d bahas untuk objek penelitian sekolah apa ya?
    Terimakasih

  44. selamat malam pak saya mau minta bantuan untuk tugas akhir saya karna masih bingung dengan judul apa yang tepat dengan bidang saya ,karna saya saat ini kuliah di STIKOM di bidang SISTEM INFORMASI.mohon bantuan nya. terimakasih

  45. selamat malam pak. saya mahasiswa tingkat akhir yang lagi nyusun skripsi. saya berencana mengambil topik tentang stress kerja pak. menurut bapak isu apa yang bisa dikaitkan dengan stress kerja? dan metode apa yang bisa digunakan pak? terimakasih pak sebelumnya

  46. Selamat sore pak. Saya mahasiswa smt8 sdang ambil skripsi, mw tanya bagaimana cara kita bertanya yg baik ke pabrik atau perusahaan shg mereka bisa memberitahu kita mengenai masalah yg terjadi diperusahaan yg berkaitan dengan teknik industri?
    Sya sudah coba berkali kali ke pabrik dan bertanya secara frontal/langsung ke staf “apakah ada masalah yg sdang dihadapi?” Mereka cuma bilang finefine aja, bingung saya. Trims pak

    1. KAta masalah memberikan konotasi negatif, seperti bahwa mereka tidak mengerjakan pekerjaan mereka. Wajar, siapa yang suka dengan masalah? bisa-bisa dimarahin pimpinan. Coba kamu ganti ke improvement “apakah ada yang ingin lebih baik?” apakah ada target yang sulit tercapai dsb

  47. salam kenal pak hadiyatno, saya tertarik mengambil topik tentang meminimumkan biaya distribusi mungkin akan menggunakan metode transportasi. namun sy belum mendapatkan perusahaan untuk menjadi tempat penelitian. yg sy mau tanyakn, apa kita pasti akan mendapatkan biaya paling minimun dr ongkos aktual diperusahaan pak. krn pasti perusahaan jg sudah melakukan analisa sblmnya. trmkash sblmnya pak

    1. Ada pepatah yg mengatakan bahwa tidak ada yag tetap kecuali perubahan. Artinya semua perusahaan pasti akan mengalami hal ini dan akan harus selalu melakukan analisa ulang terhadap apa yang telah dilakukan. Baik karena perubahan pasar, kompetisi, produk, atau internal perusahaan lainnya.

      Jadi jangan khawatir kekurangan topik.

  48. siang Pak.. saya sedang menempuh skripsi teknik industri.. saya membutuhkan data penjualan smartphone per merk (rinci)… seperti samsung j1, lenovo a6000, dsb… saya bingung karena tidak menemukan datanya di internet. kira2 asosiasi mana yang punya datanya Pak? karena tidak mungkin saya menghubungi seluruh vendor 1 per 1.. terimakasih

    1. Saya kira data yang kamu maksud akan sangat sulit bahkan lebih ke arah tidak mungkin didapatkan secara terpusat. Karena data ini biasaya dikategori sebagai sangat rahasia, baik karena alasan kompetisi maupun harga saham.
      Mungkin prediksi bisa diberikan secara prosentase market share, tapi tidak jumlah.

      Asosiasi setahu saya biasanya timbul karena ada kepentingan bersama dan sifatnya nasional. Sedangkan untuk smartphone yang multi nasional biasanya tidak membentuk asosiasi.

  49. Hello Pak, saya mahasiswi tek. industri. saya sekarang sedang mengambil tugas akhir, namun saya bingung untuk menentukan judulnya pak. menurut bapak, kira-kira di dinas pendapatan daerah provinsi apa yang bisa saya angkat sebagai topik tugas akhir ya pak? terimakasih sebelumnya

  50. Maaf pak mengganggu, saya sedang menjalankan TA. Kira2 untuk judul TA Perancangan Sistem Informasi Koperasi Republik Indonesia menggunakan Visual basic 6.0, atau ga Perancangan Sistem Informasi pada Sekolah Dasar.
    Itu masih nyambung ke TA TI ga ya?

    Terimakasih.

    1. Tergantung lebih banyak muatannya pada teknis perancangan sistem informasi atau kearah business process improvement dengan dibantu dengan TI. Namun ada baiknya pula anda bertanya kepada pembimbing anda.

      1. Saya mau buat perancangan sistemnya Pak. Karena di KPRI itu masih menggunakan sistem manual (tulis tangan) untuk mencatat transaksi simpan pinjam anggota. Menurut bapak bagaimana?
        Atau harus ganti tema?

  51. selamat malam
    pak saya mau tanyak bisa tidak menggunakan perbandingan metode supply chain dengan metode EOQ untuk pengendalian bahan baku

  52. Salam. pak saya sangat tertarik dengan man machine dalam dunia industri. namun banyak yang mengatakan man machine lebih ke ergonomics. sedangkan bidang konsentrasi saya sistem rekayasa manufaktur. apakah bisa mengaitkan antara keduanya man machine dan sistem rekayasa manufaktur. terimakasih pak

    1. Saya sendiri termasuk tidak suka dengan penkotak-kotakan keilmuan teknik industri yang terlalu eksklusif, menurut saya sangat baik apabila setiap mahasiswa apapun spesialiasi atau kelompoknya tetap diberikan keleluasan untuk mengeskplorasi dan mengintegrasikan sub bidang ilmu lainnya.

      Namun ini akan tergantung dengan kebiasaan di program studi kampus kamu, jadi bagi saya pertanyaan ini lebih cocok kamu tanyakan ke penasehat akademis atau calon pembimbing kamu.

      Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mengaitkan kinerja sistem manufaktur dengan kesalahan kerja akibat interaksi man machine yang kurang baik.

  53. selamat pagi pak , saya andy sekarang saya semester akhir saya mau membuat skripsi tentang menekan DTM (down Time Mesin) yang baik pakai metode apa yah pak Hidayanto, terimakasih

    1. Kalau kamu masih bingung mendapatkan akar permasalahannya, maka langkah awal bisa menggunakan pendekatan kualitas. Ini karena lamanya downtime mesin ketidaktersediaan suku cadang, kesalahan atau ketidakadaan rencana pemeliharaan, kurangnya tenaga, penggunaan yang tidak sesuai prosedur dll.

  54. Salam hangat pak, perkenalkan saya rifqi dari teknik industri, saya sekarang masih dalam proses TA, skripsi saya tentang kansei engineering, yang saya mau tanyakan kepada bapak, apakah metode yang cocok untuk kansei engineering, soalnya saya sudah baca di jurnal ada yang memakai metoe regresi linier berganda dan analisis conjoint.
    terimakasih

    1. Setahu saya kansei Engineering kan hanyalah proses untuk menstrukturkan aspek dimensi kebutuhan dari pengguna. Tapi proses prioritas memang tidak dibahas detail tentang bagaimana mengekstraksi makna dan prioritas. Disinilah letak metode-metode statistik seperti regresi, conjoint bahkan data mining digunakan. Nah kecocokan metode akan tergantung dari kebutuhan setiap metode terhadap data yang dikumpulkan dan kompleksitas yang dibutuhkan. Data mining misalnya sebenarnya mensyaratkan tumpukan data yang sangat signifikan untuk mendapatkan makna data tersebut.

  55. siang pak. saya mau nanya kalo misal objek penelitian saya di sebuah restaurant atau rumahsakit. topik apa yang bisa saya angkat untuk jadi skripsi yang sesuai dengan keilmuan teknik industri? kalo saya ambil topik tentang logistik atau pengadaan gimana pak? mohon bantuannya. terimaksaih pak

    1. Menurut saya itu topik yang bisa digunakan untuk restoran dan rumah sakit karena tantangannya adanya masa pakai bahan atau obat yang wajib diperhatikan karena mencakup kesehatan atau nyawa seseorang.

  56. assalamualaikum pak , saya mahasiswi TI semester 7. saya sedang menjalani kerja praktek di perusahaan otomotif. proses yang sedang saya teliti ialah proses welding . kalau saya mau angkat topik tentang analisa salah satu jenis defect yang sering terjadi . lebih baik menggunakan seven tool atau six sigma. terimakasih sebelumnya pak

    1. Bagi saya pribadi keduanya sam secara prinsip, walaupun masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Namun jika memang dari awal anda fokus ke defects, maka mungkin six sigma lebih cocok, karena memang awalnya disusun untuk mengatasi defects.

  57. Saya ingin membantu teman saya untuk meningkatkan keberhasilan kultur jaringan pisang, usaha yang sekarang digelutinya. Dari sudut pandang teknik industri, metode apa yang tepat untuk permasalahan ini ya Pak?

    Terimakasih

    1. Manajemen Resiko mungkin membantu, Pencarian dan Pemecahan masalah secara kualitas mungkin juga bisa membantu untuk mencari akar permasalahan sehingga bisa mendapatkan metode yang tepat tergantung dari masalahnya

  58. Assalamualaikum Wr.Wb, Saya Agung Sutawinata, Saya kuliah di jurusan TI Semester 7 dan sementara mengajukan judul skripsi. Saya berencana memulai penelitian di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi tepung terigu di Makassar. Yang mau saya tanyakan Pak, kira-kira judul TA apa yang cocok untuk saya ambil? Terimakasih Pak. Wassalamualaikum Wr.Wb

    1. Ada beberapa tulisan dalam blog ini yang jika anda cari bisa membantu anda untuk melihat perspektif yang lebih luas. Cara terbaik tentunya adalah mulai dengan pemetaan masalah yang timbul dengan melihat gejala yang ada

  59. assalamualaikum pak hidayanto…

    saya bekerja di perusahaan kosmetik dan sedang menyusun skripsi dengan judul “perbaikan pengendalian mutu dan kualitas sistem jaminan halal”. Tools yg digunakan adalah PDCA, dalam segi penentuan struktur organisasi auditor internal dan penentuan titik kritis dalam proses produksi produk2 halal. Namun saya kesulitan mencari teori acuan mengenai skripsi saya tersebut…menurut bapak..buku apa yg dapat mempermudah saya untuk membandingkan hasil penelitian yg saya buat dengan teori (parameter) yg valid.

    1. Saya kok tidak bisa memahami kesulitan yang kamu utarakan, terutama karena berbicara struktur organisasi lalu ke proses. Dalam konsep structure follows process, maka penentuan deksripsi kerja, POB dan Instruksi Kerja akan menyesuaikan diri terhadap kebutuhan prosesnya. Berarti mungkin referensi yang kamu butuhkan lebih ke arah Manajemen SDM dibandingkan Manajemen Kualitas.

  60. Selamat pagi pak
    Saya mahasiswa teknik industri
    Saya bingung pak untuk judul skripsi saya..
    Sayaa di suruh ambil TA tentang inventory..
    Sedangkan perusahaan yang di tuju adalah perusahan PT. NISSAN
    kira kira judul apa yang cocok untuk pengolahan data di perusahaan tersebut yg mengenai inventory
    Terima kasih banyak pak

    1. Coba cari artikel di blog ini tentang bagaimana mencari topik skripsi di perusahaan. Karena pertanyaan anda terlalu umum jadi silahkan memfokuskan dulu pertanyaannya

  61. selamat malam pak.
    saya mahasiswa semester akhir teknik industri. saya akan menulis skripsi tentang pemilihan supplier material. metode yang akan saya gunakan adalah AHP dan TOPSIS. dari referensi yang saya baca, metode ahp digunakan untuk pembobotan kriteria yang ada. sedangkan topsis digunakan untuk pemilihan supplier. namun saya belum dapat jawaban yang memantapkan hati saya untuk kenapa saya metode ahp ini dilanjutkan menggukan topsis. mohon arahannya pak

    1. Metode membantu kamu menjawab pertanyaan yang kamu formulasikan dari permasalahannya. AHP biasanya untuk menjawab pertanyaan prioritasi mana yang harus dikerjakan dulu, sedangkan topsis untuk menjawab dari yang dipilih untuk duluan dikerjakan apa saja yang sebaiknya dikerjakan secara detail.

  62. Slamat mmalam pak.
    Say mahasiswa sms 7 yg sedang membuat proposal skripsi
    Saya akan membahas tentang stress kerja karyawan pra pensiun (tentang sdm). Apakah bisa pak dengan hal seperti itu? Dan metode apa yg cocok untuk digunakan pak? Terimakasih.

    1. Apa yang kamu utaraka pernah saya baca sekilas didalam publikasi ergonomics , tentang stress kerja karyawan secara umum. Jadi harusnya bisa, namun saya tidak begitu familiar dengan metodologi terbaru dibidang ergonomi, jadi silahkan berdiskusi dengan dosen di bidang ini.

  63. selamat pagi pak hidayanto sya mahasisi teknik industri semester 7 yang sedang menempuh tugas akhir (skripsi). saya sekarang magang di pabrik kosmetik bagian produksi. rencana topik yang saya ambil adalah tentang six sigma DMAIC tapi saya masih bgung perbaikan yang seperti apa pada tahap improvE jika masalah yang timbul berasal dari mesinya. terimakasih atas pencerahanya pak…

    1. Lihat koneksi mesin dengan aspek lainnya misalnya human machine interaction, financial aspect soal maintaining mesinnya, metode apakah sudah tepat lalu material apakah memang sudah tepat pula

  64. selamat mlm pak, saya mhs TI yg sedang ambil TA, saya bekerja di workshop (bubut, milling, drilling dll) yg berbasis make to order yg biasanya jumlahnya satuan. masalah di workshop adalah keterlambatan yg disebabkan keterbatasan mesin berbanding penawaran waktu pekerjaan dari sales ke customer. sebaiknya saya angkat tema apa dan tools nya apa pak. terimakasih banyak pak Hidayatno.

    1. Coba pahami dulu permasalahannya. Saya kira metode peningkatan kualitas seperti six sigma atau tujuh langkah dan tujuh alat bisa kamu gunakan.

  65. Assalamualaikum pak, kebetulan sy mahasiswa TI di jogja smester 7. Barusan baca itu artikel yg bener2 menginspirasi. Sy sudah membuat plan utk thesis tentang green supply chain di bidang automotif khususnya aut mobil apalagi skrg br gencar2nya perusahaan automotif memproduksi mobil hybrid utk dipasarkan ke indonesia. Kira2 masalah/bahasan apa yg bisa diambil untuk thesis dr studi kasus yg sudah sy ceritakan ke bapak? Memang akhir2 ini sy mencari cuman msh blm menemukan yg pas. Matur nuwun

    1. Jangan rancu antara green products dengan green operations (termasuk green supply chain). Mobil hybrid mungkin adalah green car jika dikemudikan, namun bukan berarti proses pembuatannya juga green. Mobil biasa bisa jadi lebih green . secara pembuatannya dibandingkan hybrid car. Misalnya ketika proses produksinya menggunakan recycled material, catnya direcycled, air yang digunakan di reuse, filter kemudian use kembali.

      Biasanya proses membandingkan dua jenis produk menggunakan metode LCA atau Life Cycle Analyis. Anda juga bisa menggunakan kinerja green seperti yang anda sudah pasti baca di green supply chain

  66. selamat siang pak.
    saya thansa mahasiswa teknik industri masih bingung buat ngambil judul skripsi n dengan metode apa? KP saya tentang “Pengendalian Proses Produksi Painting Terhadap Cacat Bintik Dengan Metode Seven Tools” kira2 kalau saya teruskan buat skripsi dengan judul apa n metode apa ya? mohon balasannya

    1. Tujuh alat atau 7 tools sebenarnya bukan metode. Metode biasanya tujuh langkah atau DMAIC nya six sigma. Coba deh diperluas saja dari permasalhan yang kamu sudah petakan di KP, kan seharusnya ada beberapa akar masalah yang dipetakan. Dimulai dari situ

  67. Selamat siang pak, saya Rizka mahasiswa akhir teknik industri. Untuk skripsi nanti, saya akan akan melakukan penelitian di kantor penyedia layanan internet. Salah satu yang menjadi masalah adalah masalah logistik (terutama kabel udara) yang biasanya sisa karena pembelian kabel di vendor tidak sesuai dengan panjang kabel yang dibutuhkan. Nah kantor ini meminta saya untuk mencari cara apa yang harus dilakukan untuk sisa kabel ini. Pertama saya memikirkan tentang metode PPIC dimana kantor harus memesan sesuai dengan peramalan permintaan agar tidak sisa. Namun, saya bingung karena kabel yang dibutuhkan untuk tiap rumah berbeda dan sulit untuk diramalkan. Menurut bapak metode apa yang sesuai untuk masalah ini ya?

    Terima kasih

    1. PPIC atau peramalan ya maksudnya , hanya bisa dilakukan secara lebih akurat jika memang untuk kasus yang memiliki data historis yang cukup lama dan handal. Untuk kasus ini faktor manusia dan tingkat layanan tinggi akan menyulitkan kamu untuk melakukannya.

      Tidak ada cara lain kecuali harus melakukan identifikasi terlebih dahulu permasalahan yang timbul, jadi saya sarankan kamu mengunakan pendekatan Quality improvement seperi TULTA atau Six Sigma

  68. Halo Pak, saya mau mengambil topik tentang Taguchi. Konsep saya memakai Taguchi itu untuj mendesain Pictorial Health Warning yang ada pada kemasan rokok. Saya memakai kuisioner untuk mengetahui tentang tingkat kerertarikan konsumen rokok dengan desain yang baru (ketertarikan sebagaj variabel respon). Apakah itu bisa ya Pak? Terima kasih

    1. Ketertarikan terhadap pictorial warning yang biasanya bergambar mengerikan itu? Hmm, deskripsi kamu agak counter intuitive yaa. Sebagai sebuah metode statistik, taguchi atau hampir semua alat bantu statistik, tentunya bisa digunakan. Tinggal apakah penggunaan tepat untuk permasalahan yang dihadapi.

      Taguchi method ada why yang harus kamu pelajarinya, dan memang berasal dari konsep experimental statistics di lantai produksi. Selama kamu sudah bisa memaparkan kesamaan ini dan kelemahan yang mungkin timbul maka bisa saja dipakai. Saya sendiri merasa kamu harus hati-hati menghadapi bias dari konsumen, karena mereka tidak berpikir secara “level”. Beda dengan mesin yang bisa responsif ketika level diganti, dan tidak mungkin berbohong.

  69. pak saya mahasiswa T.Indstri smester akhir ,
    saya bekerja di perusahaan jasa pengamanan Uang . dan tema skripsi yang saya ambil berkaitan dengan permasalahan Manajemen SDM yang terjadi di persuahaan saya bkerja, dan kira-kira untuk metode yang tepat dgn tema yang saya ambil apa ya pak? mohon bimbingannnya .
    Terima kasih

    1. Semua metode pemecahan masalah selalu dimulai dari pencaian akar permasalahan sebelum memilih metodenya. Definisikan permasalahannya dengan mencari informasi awal terlebih dahulu, baru kemudian memilih metode yang tepat.

  70. Permisi pak saya ingin bertanya untuk skripsi saya
    Pertama-tama saya sudah kerja pada perusahaan bergerak di bidang distribution bahan kimia untuk kosmetik dan peracikan kosmetik sesuai permintaan pelanggan. Sayangnya saya sudah terlanjur mengambil jurusan TI kepilihan manufaktur.
    Saya ingin mengambil lebih kepada analisis resiko supplier pada rantai penyediaan (Supply chain) pada perusahaan tempat kerja saya. Apakah bisa saya mengambil judul seperti itu? Saya lebih tertarik kepada supplier (export maupun import) kendala di pengadaan bahan baku.
    Jika bisa, metode apa yang harus saya ambil? dan data apa saja yang saya harus punyai? terima kasih pak

    1. Judul yang anda usulkan menarik, walaupun aspek resiko yang timbul perlu diperjelas dari sisi mana anda ingin memetakannya, apakah kuantitatif, yang membutuhkan data historis yang baik, atau lebih ke kualitatif, berarti membutuhkan pemetaan pendapat, pengalaman dan pengetahuan dari para pemegang proses penting. Metodenya bisa menggunakan Value at Risk atau Risk Modeling

  71. Assalamulaikum pak, saya mahasiswi teknik industri smester 7 mau mulai nyusun tugas akhir tapi saya bingung topik apa yang harus saya ambil? saya mengambil tugas akhir di PT. Sinar Sakti Matra Nusantara Bandung yang melayani jasa pembuatan alat-alat pendukung mesin seprti bearing, turbine dll. sebaiknya topik apa ya yang dominan perhitungan dibandingkan analisisnya? mohon bantuannya pak terimaskasih 🙂

    1. Analisa kuantitatif sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari analisa kualitatif (intepretasi dari hasil perhitungan kuantitatif), jadi keduanya sebenarnya berjalan beriringan. karena memang industri anda sudah manufaktur, menurut saya sih sudah lebih mudah mengatakan bahwa topiknya sangat teknik industri. Tinggal aspek mana yang anda ingin dalami dari 5M (Man, Money, Machine, Material dan Methods). Oh ya, mungkin juga bisa dimulai dari problem apa yang dihadapi oleh perusahaan yaa.

  72. Assalamualaikum Pak Hidayatno. Saya Akbar mahasiswa TI semester 4. Saya sedang mempersiapkan opsi-opsi judul skripsi yang bersinergi dengan pekerjaan dan rencana studi S2 saya. Saya berencana untuk melanjutkan S2 jurusan EMIT (Economics and Management of Innovation and Technology) dan saya bekerja pada perusahaan distributor instrumen laboratorium sebagai application engineer dan juga membantu proses sales&marketing. Kira-kira aspek apa saja yang dapat saya angkat ya, Pak?

    Saya sempat memiliki ide untuk membuat skripsi deskriptif kualitatif, namun banyak sumber yang tidak merekomendasikannya. Apa benar? Terima kasih.

    1. Saya agak sulit memahami deskripsi yang anda sampaikan, yang mungkin juga menjadi sumber kebingungan anda yaa. Bagi saya sih sederhana saja bahwa berarti skripsi anda harus membahas tentang analisa teknologi, proses inovasi, atau perancangan produk. Memang untuk bidang teknik, kita agak menjauhi hal-hal yang majoritas kualitatif, jadi “sumber” anda juga berpikiran yang sama. Namun saat ini banyak kombinasi metode kuatitatif dan kualitatif yang digunakan dalam beberapa hal yang saya sebutkan tadi.

  73. Terima kasih Pak Hidayatno, artikel nya sangat membantu.

    Saya mahasiswa yang dibulan Agustus nanti akan melaksanakan magang di salah satu unit perusahaan Power Plant di Jkt Utara.
    Supervisor meminta saya meng “kerucut” kan divisi yang akan saya tempati. (misal; bag office manajemen sist informasi)
    Saya mengajukan proposal tentang Lean. (Lean Six Sigma, Lean Manufaktur), yang menjadi pertanyaan

    1. Saya masih agak bingung untuk memberikan spesifikasi kpd Supervisor tersebut. Karena manufaktur luas terutama ini bidang Power Plant yang agak asing untuk saya & cenderung spesifik, sementara keilmuan TI luas & bercabang.

    2. Dari mana saya memulai define nya?

    Mohon saran dari Bapak. Terima kasih sebelumnya.

    1. Maaf saya terlambat menjawab pertanyaan anda. Tentunya proses define dimulai dengan memahami permasalahan yang dituju, jadi saya sarankan memang mencari informasi tentang peran, fungsi serta struktur organisasi yang dituju sebelum melakukan pemilihan. Dalam pandangan saya, supervisor anda sudah tepat karena menyadari keilmuan TI yang luas tersebut, jadi sebenarnya dia menawarkan “minat” yang anda ingin dalami itu apa.

  74. Pak, sy mahasiswi lulusan diploma teknik kimia, sekarang sy sedang melanjutkan S1 teknik industri dan akan menyusun tugas akhir, sy sedang mencari topik tugas akhir teknik indutri tp menyinggung sedikit ilmu teknik kimia sehingga keduanya dapat saling berhubungan, mohon bantuan bapak untuk memberi usulan topik penelitian, sejauh ini yg sy tau bidang yg dapat digunakan untuk menggabungkan kedua disiplin ilmu di atas yaitu isu lingkungan, peningkatan kualitas, dan perancangan mesin, mohon bantuannya pak terima kasih

    1. Ketiga topik yang kamu sebutkan saya kita sudah benar. Walaupun S3 saya berhubungan dengan teknik kimia, namun untuk tingkat S1 saya tidak punya pengetahuan tentang topik skripsinya. Lingkungan kamu bisa menggunakan LCA berbasis Activity Based Costing. Quality di industri kimia juga menarik, termasuk perancangan mesin untuk industri kimia.

  75. Assalamualaikum pak saya Faza Farhana Saifananda mahasiswa TI UII semester 6, insya Allah akan kerja praktek di Pertamina Tuban Jawa Timur bulan November. Saya berencana mengambil topik penelitian Supply Chain Management, apakah relevan dengan dunia perminyakan pak? menurut bapak topik yang bagus untuk penelitian bidang perminyakan apa ? Terimakasih 🙂

    1. Tentu saja. SCM itu penting saat ini, terutama di Indonesia, karena kita sangat unik dan masih banyak yang hal yang bisa dikerjakan. Topik itu sudah bagus menurut saya.

  76. Selamat siang Pak ..
    Saya mahasiswasemester akhir teknik industri. Saat ini saya memikirkan untuk membuat proposal skripsi mengenai Analisis MRP bahan baku make to order .
    Berhubung saya mengambil kerja praktek di perusahaan pembuat busa. apakah sesuai dengan judul saya apabila saya ingin mengambil dari data perusahaan tersebut. ?

    1. Made to order bisa saja menggunakan MRP, namun akan berkurang efektivitasnya karena MRP lebih cocok untuk produksi yang condong ke Made to Stock. Sedangkan pabrik pembuat busa, setahu saya sih lebih ke arah made to stock

  77. Assalamualaikum,,
    Salam kenal pak, Saya Dano mahasiswa S2 Teknik Industri, sy mau mengambil judul tesis tentang proses pengolahan minyak bumi (Refinery), sebaiknya yg cocok ap ya pak? secara proses pengolahan minyak bumi adalah proses yg continous tidak seperti proses manufacture..
    terimakasih

    Balas

    1. Cari yang memiliki karakteristik diskrit dengan berlandaskan pada satuan. Misalnya pada pengepakan, pembelian konsentrat (per barrel atau per satuan lainnya), distribusi (per tangki dst)

      1. Terimakasih masukannya Pak,, akhirnya saya memilih judul yg bertema melakukkan pengendalian kualitas pembakaran di furnace (tungku), dengan tujuan untuk menghemat konsumsi bahan bakar (ton/hour).
        tools yg sy gunakan adalah 7 tools dn QCC..
        Apakah sudah sesuai pak?

  78. pak,saya lagi kkp di pt bukit asam yang bergerak di bidang batu bara,kira2 judul yang tepat bwt skripsi saya apa ya pak

  79. Selamat Malam Pak Hidayatno

    Saya Arrestedi mahasiswa Teknik Industri semester akhir. Saat ini saya sedang mengambil skripsi pak. Saya mau tanya pak, apabila saya akan mengevaluasi kinerja salah satu perusahaan BUMN non profit sebaiknya memakai metode apa ya pak? Karena setahu saya apabila menggunakan metode Malcolm Baldrige terlalu kompleks pak. Dan apakah topik saya ini relevan dengan ilmu dari Teknik Industri pak?

    Mohon pencerahannya pak, Terima Kasih

    1. Saya kira sih masih relevan karena berhubungan dengan kinerja yang menjadi tujuan peningkatan di teknik industri. Bahasa kerennya performance management. Setahu saya kamu bisa menggunakan Balanced Scorecard for non profit organization.

  80. Selamat malam Pak, sy Kiki mahasiswa TI. Sy sedang mencari topik skripsi dan kebetulan mampir di blog Bapak. Mohon masukannya Pak, sy bekerja di perusahaan plastik bagian quality. Kira kira topik skripsi apa yang bisa saya gali. Terimakasih Pak sukses selalu

  81. Salam kenal pak saya mahasiswa teknik industri semester 8, saya ingin tanya apakah efektif jika menggunakan VSM pada industri kemasan yang make to order dan memiliki banyak produk setiap harinya? menurut bapak lean tools apa yang paling cocok untuk diterapkan pada industri tersebut?

    1. VSM saya kira bisa digunakan, karena anda tidak mendeskripskan tipe atau variasi banyak produk itu maksudnya apa? apakah memang produk berbeda atau tipe kemasannya atau variasinya. VSM berfungsi seperti process mapping tapi lebih detail data produksinya sehingga bisa untuk menyeimbangkan produksi nantinya.

    1. Teorinya 7 tools memang tidak harus digunakan semuanya, tergantung kebutuhan. Kan mirip kayak alat bangunan, kalau ndak ada yang harus dipaku yaa jangan maksa makai palu. Jadi yaa boleh-boleh saja.

  82. Permisi pak hidayatno, saya mahasiswa teknik industri semester 10, punya permasalahan yang masih saya cari selama 3 bulan ini, yaitu metodologi penelitian. Judul saya adalah “Analisis Pengaruh Strategi Promosi terhadap Supply Chain Produk Sepatu.” Penelitian dari data perusahaan ini difokuskan dengan data historis 1 tahun. Kebanyakan skripsi membahas pengaruh promosi terhadap penjualan, jarang yang membahas supply chain. Jurnal-jurnal dari sciencedirect yang saya baca juga kebanyakan berhubungan dengan pembuatan model matematis memakai game theory dan masih bersifat eksperimen, belum ditemukan yang bersifat studi kasus dan data dari perusahaan.
    Sementara saya sudah mengumpulkan data produksi, penjualan, dan strategi promosi yang dilakukan dalam setahun (cont: diskon, voucher belanja, product bundling dengan kaos, dll).
    Menurut bapak, apa metode yang paling tepat untuk saya gunakan pada topik skripsi ini? Terima kasih banyak pak.

    1. Topik anda memang cukup ambisius karena memang sebenarnya saya tidak setuju bahwa promosi memiliki dampak ke supply chain keseluruhan secara langsung, yang ada hanya secara tidak langsung melalui end chain yaitu adalah retailer. Apakah pabrik memerlukan data promosi? tentu mereka tidak akan peduli, yang mereka butuhkan adalah data penjualan. Jadi sangat menarik bagaimana anda bisa membuktikan seluruh rantai dalam rantai suplai mau bergerak karena promosi, bukan kepada end-chain.

      Itulah mengapa anda sulit mendapatkan referensi untuk hal ini. Tidak mudah pula mendapatkan perusahaan yang mau membuka data promosi untuk dilihat oleh supliernya. Sehingga semuanya lebih bersifat teoritis.

      Jika judul anda adalah pengaruh kepada “strategi” supply chain, mungkin lebih tepat, karena berarti membahas perusahaan yang ingin mengubah strategi supply chainnya. Namun anda harus secara jelas mendefinisikan apa itu strategi supply chain. Itulah mengapa banyak yang menggunakan game theory, karena strategy berhubungan dengan perubahan strategi pada kompetitor.

  83. Pak Hidayat,terimakasih artikelnya sangat membantu. Saya TI sm 8 yang akan mengajukan skripsi dan kebetulan saya juga karyawan di bagian facility pada indst manufaktur. Saya di challenge untuk mendesign sistem visual kontrol untuk penerapan PM (preventive maintenance). Menggunakan metode apa yang tepat untuk hal ini?Obyektif dari project ini adalah menghilangkan PM equipment yang tertunda/ terlewatkan dari schedule mengingat jumlah equipment kita yang harus di PM sebanyak 120 item.Terimakasih atas perhatiannya

    1. Visual management merupakan teknik atau metode dalam lean management, jadi saya kira cocok untuk anda. Walaupun kritik tentang lean management adalah karena ini bersifat budaya, maka terkadang tidak ada step by step cara seperti dalam pendekatan manajemen kualitas dengan PDCA. Jadi untuk skripsi saya sarankan anda menggunakan lean six sigma, dengan fokus melakukan visual management. Namun berarti anda juga harus memperhatikan aspek kognitif ergonomi yang juga ana pelajari serta perancangan produk (untuk merancang produk visual).

  84. Halo Pak, Salam kenal.

    Saya Afif, salah satu mahasiswa jurusan ganda Manajemen dan Teknik Industri di salah satu perguruan tinggi di Jakarta, dan kebetulan sedang mencari topik menarik untuk dijadikan penelitian skripsi. Dengan jurusan tersebut saya lebih diarahkan ke ranah services bukan manufaktur. Dan dalam membuat skripsi diharuskan mengambil dua pendekatan berbeda dari masing-masing jurusan namun saling terintegrasi sebagai sebuah penyelesaian masalah atau solusi dari masalah tersebut. Untuk itu saya memiliki beberapa pertanyaan sebagai berikut:
    1. Apakah sebenarnya pendekatan-pendekatan teknik industri secara keilmuan juga sudah merangkum ilmu-ilmu manajemen yang ada atau merupakan dua hal berbeda? Sebagai contoh jika saya mengambil topik BSC apakah topik tersebut juga secara tidak langsung telah memiliki unsur manajemen didalamnya sehingga tidak perlu memasukkan unsur lain seperti manajemen pemasaran atau keuangan yang merupakan cabang dari ilmu manajemen itu sendiri?
    2. Saya tertarik dengan isu Quality, apakah bapak dapat memberikan gambaran singkat dari quality management di bidang services? apa topik-topik menarik pada saat ini yang ada pada area tersebut?
    3. Menyambung pertanyaan no 2, apakah isu quality dapat dikaitkan dengan pendekatan manajemen lainnya seperti manajemen pemasaran, SDM, atau Budaya Organisasi?
    Sekian pertanyaan dari saya, mohon maaf bila mengajukan banyak pertanyaan karena sejujurnya sampai saat ini saya belum mendapatkan jawaban yang cukup jelas dari beberapa pertanyaan saya tersebut.

    Terima kasih Pak.

    1. 1. Inklusivitas keilmuan teknik industri memang mengadopsi berbagai pendekatan, metode dan alat dalam manajemen. Biasanya teknik industri dapat menambahkan alat atau kombinasi terhadap pendekatan tersebut, misalnya AHP in BSC.
      2. Saat ini saya lihat dengan perkembangan teknologi informasi, maka banyak sekali data konsumen yang dikumpulkan secara digital. Jadi secara hardcore, pendekatan data mining sedang digunakan untuk mendapatkan pemahaman baru terhadap keinginan konsumen. Hal ini selain dari pendekatan tradisional seperti lean six sigma for services, design for service quality atau secara umum manajemen rekayasa jasa (Service Engineering Management)
      3. Tentu, dan sebaiknya pasti. Ingat dalam quality management selalu ada 3 pilar utama: continuous improvement, customer focus dan total participation. Dalam pilar ke 3 total participation letak SDM menjadi sangat penting. Ingat ketika kita membeli teknologi baru, metode baru atau alat baru, maka pada akhirnya manusialah yang akan belajar dan menggunakannya. Jadi manpower quality is the only sustainable competitive advantage

  85. pak salam kenal.
    saya Angga Mahasiswa Teknik Industri semester akhir.
    saya punya data gudang untuk penggunaan kawat las.
    tapi dosen-dosen pembimbing saya tidak membolehkan menggunakan metode MRP dan EOQ dalam penentuan judul skripsi.
    sebaiknya saya menggunakan metode apa ya pak untuk pengendalian bahan baku.
    terima kasih

    1. Metode terbaru yang saya baca adalah DDMRP (Demand Driven Material Requirement Planning) yang sebenarnya merupakan pengembangan dari Theory of Constraint (TOC)

      1. menarik… untuk metode DDMRP (Demand Driven Material Requirement Planning), Ada rekomendasi untuk referensi bacaannya pak???

      2. Silahkan cari di internet dulu untuk tahap awal. Untuk buku saya agak lupa bukunya yang mana, tapi kalau nggak salah kamu bisa cari pula dengan keywords yang sama. Konsep ini dikenalkan di 2011, namun membutuhkan dukungan komputasi yang lumayan untuk menyusun eselonisasi permintaan sehingga benar-benar fleksibel terhadap dorongan permintaan.

  86. Assalamualaikum, bapak saya mahasiswi TI . Saya masih kebingungan untuk mencari topik dan metode yang benar-benar pas untuk bahan tugas akhir saya. Perusahaan yang akan saya teliti adalah perusahaan kain dengan system work order / made by order. Permasalahan yg kerap terjadi di dalam perusahaan antara lain kualitas kain tdk sesuai keinginan pelanggan, mesin tidak optimal, penurunan order yang dahulu pabrik bisa ekspor skrg hanya pasar lokal saja, kira-kira topik yang paling pas untuk saya di perusahaan tersebut apa yaa pak, terimakasih

    1. Berarti pendekatan peningkatan mutu/kualitas bisa kamu lakukan untuk mencari akar permasalahannya terlebih dahulu untuk kemudian kamu selesaikan, Gunakan six sigma atau lean six sigma untuk ini. lalu coba baca artikel ini untuk melihat kemungkinan dimensi penyebab permasalahannya.

  87. selamat pagi pak .. saya hilda.. mahasiswi teknik industri, sekarang lagi KKP disalah satu perusahhan air mineral,, kira – kira judul tugas akhir yang cocok apa ya pak ??

    1. Untuk kerja praktek, silahkan ke artikel berikut ini:

      Sedikit tambahan industri air mineral adalah isu lingkungan, coba gunakan pendekatan life cycle analysis untuk menghitung dampak lingkungannya

  88. Pak saya mahasiswa ti semester 6, saya mau kerja praktek di pertamina gas, saya masih bingung menentukan judul, mohon bantuannya pak

  89. assalamualikum pak…saya mahasiswa semester 4….saya ada tugas metode penelitian ….judul yang di ambil pengarunya minimnya nilai eksport terhadap pertumbuhan ekonomi…saya melihat dri segi ekspor perikanan…menurut pak judul ini cocok tidak dengan industri….metode apa yang bisa saya pakai….

    1. Agak sulit dihubungkan dengan industri perikanan, jika ikan hanya langsung diekspor dan tidak ada industri pengolahannya. Mungkin kamu bisa mengeksplorasi nilai tambah seandainya ada industri perikanan seperti pengalengan, cold chain sistem dan lainnya.

  90. pak, saya mahasiswa teknik industri smester 8.
    mau tanya, kalau merancang sistem informasi persediaan stok gudang bisa dijadiin skripsi gak?
    kalo bisa, artikel” atau tool apa saja yang harus saya pelajari pak?

    terima kasih.

  91. pak hidayanto saya mau tanyak judul skripsi TI yang manufacture cocoknya apa ya lagi bingung vari judul.

  92. selamat sore pak, saya mahasiswa TI semester akhir. mau tanya topik TA yang berkaitan dengan sistem informasi itu apa ya pak?

  93. Selamat Sore Pak, Saya ariyani mhsiswi TI semester 7 dan akan memulai untuk skripsi.. sampai sekarang saya masih bingung ingin mengambil judul skripsi melanjutkan KP yaitu mengenai peramalan penjualan produk sepatu wanita di sebuah pt retail ataukah mengambil pokok permasalahan dari sya bekerja, saya bekerja di industri manufaktur makanan akan tetapi sya bekerja dilaboratorium untuk analisa kandungan makanan saja sehingga saya tidak tau bagaimana proses produksinya.. atasan sya pun tidak mengizinkan untuk sya mengetahui proses tersebut. mohon bantuannya pak judul skripsi apa yg cocok di sebuah laboratorium, kasus yg sering terjadi dsni adalah persediaan bahan baku untuk analisa makanan tersebut selalu kehabisan stok dan hal tersebut dapat menghambat pekerjaan sya sbg analis. Karna pembelian bahan baku dapat memakan waktu 1-2 minggu. mohon bantuan judul apa yg sebaiknya saya ambil sebagai seorang TI.

    Trims Pak,

    Salam Sukses

    1. Teknik untuk peramalan bahan baku yang memiliki jangka waktu panjang yang terjadi ketika barang tersebut harus import memang berbeda dibandingkan dengan bahan baku yang lebih cepat tersedia. Coba eksplorasi tentang hal ini. Ketersediaan data adalah penting, termasuk akses kepada perusahaan sumber data, jadi pertimbangkan tentang hal ini dengan baik. Lebih nyaman kalau datanya dapat diakses

  94. Assalamua’alaikum pak, saya mahasiswa semester 7 teknik indutri dan leting pertama dengan bidang manajemen industri. saya ingin melakukan penelitian di rumah sakit (khususnya tersedianya obat-obatan) atau perhotelan . kira-kira judul skripsi apa yang sesuai dengan tempat tersebut pak dan untuk perhotelan saya masih kurang mengerti?
    terimakasih, wassalam

    1. Saya kira artikel ini bisa membantu. Namun secara kuantitatif tantangannya adalah bisa berupa penjadwalan pegawai atau alat kerja, inventori di bagian apotik atau farmasi serta tingkat kualitas layanan (non-medik terutama). Aspek pemeliharaan juga penting, karena jangan sampai ketika akan digunakan alatnya tidak bisa dipakai (untuk RS bisa meninggal pasiennya)

  95. hallo pak Hidayatno, sy mahasisiwi Ti konsentrasinya di manajemen. sy ingin mengambil TA di salah satu pabrik yaitu antara pabrik sawit dan pabrik batu bara. kira-kira judul TA atau objek penelitian yang sesuai atau cocok dengan bidang sy apa ya pak? tolong masukannya pak, trims

    1. Saya melihat bahwa berbagai topik dalam artikel ini bisa membantu kamu. Coba kamu pelajari dulu proses bisnis dan tantangan pada kedua industri tersebut melalui internet sehingga bisa menyiapkan diri

  96. Pak permisi saya ingin bertanya,, kira2 topik apa yg sesuai pada studi kasus di PT. INKA ? karna saya kemarin mengajukan topik ttg manajemen proyek, namun tidak disetuui karena saya mengambil konsentrasi Manajemen sistem industri. boleh minta pendapat bapak? terimakasih …

  97. Selamat Malam Pak. Saya Mahasiswa TI (Manajemen & enterprise computing) saya baru mengontrak tugas akhir. rencananya saya ingin mengambil penelitian di perusahaaan distribusi sepeda motor di daerah saya tentang territory management untuk merancang daerah cakupan pemasaran. karena menurut perusahaan itu yang paling dibutuhkan sekarang. Menurut bapak apakah masih relevan dengan keilmuan TI dan jika ya, Apa yang sebaiknya saya kembangkan dari topik tersebut? Mohon info dan arahannya pak, Terima Kasih

    1. Tergantung dari pendekatan yang kamu lakukan, jika menggunakan pendekatan optimasi atau operations research yang digunakan di TI, mungkin akan lebih TI dibanding hanya sekedar mengutak-atik dari sisi aplikasinya. Pendekatan lainnya tentu bisa menggunakan cluster analysis yang berbasis kepada statistik

  98. Selamat Siang Pak, saya mahasiswa TI semester 7
    beberapa waktu lalu saya kerja praktik di PT Bakrie Construction dan mengamati salah satu proyeknya dimana masalahnya adalah setelah selesai proyek masih ada banyak sekali material kelebihan sisa proyek
    kira2 menurut Bapak metode apa yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini Pak? karena saya susah sekali mencari referensi pengendalian material/ inventory khusus untuk proyek?
    Mohon bantuannya Pak, terimakasih

    1. Pendekatan lean projects mungkin bisa kamu eksplorasi, karena didalamnya ada beberapa prinsip yang berbeda dengan lean untuk manufacturing.

  99. Ass Pak, sy mahasiswi TI, penelitian di perusahaan importir mobil sekaligus main dealer. Kira-kira judul yang tepat buat TA apa ya pak? trims

    1. Sudah coba analisa proses bisnisnya? Siapa tahu ada perbaikan yang bisa dilakukan dengan pendekatan manajemen kualitas. Bisa juga peramalan import atau demand scaling

  100. Selamat pagi pak, saya Riska mahasiswa TI semester 7.
    Saya berencana akan mengambil topik skripsi yang berkaitan dengan biaya kualitas. Kira2 metode dan tools lain yang digunakan untuk mengukur biaya kualitas itu apa ya pak selain metode Activity Based Cost (ABC)?
    Mohon penjelasannya. Terimakasih.

    1. ABC sebenarnya tidak berasal dari domain kualitas, namun karena orientasinya yang mengukur proses maka menjadi cocok dengan kualitas. Menurut Saya hingga hari ini sih jika memang fokusnya biaya pada proses memang ABC yang tepat dan sudah mencukupi, jika fokusnya adalah biaya karena kualitas buruk maka Cost of Quality, jika fokusnya adalah biaya ketidaksesuaian standard bisa menggunakan kurva biaya kualitas.

  101. Pak, untuk bahan skripsi teknik industri di bidang jasa kalibrasi equipment bisa menggunakan filosofi lean six sigma dengan mempermasalahkan ketepatan waktu (tidak lebih dari estimasi awal) karena jumlah pengerjaan tiap periode berbeda? (ini untuk method)
    sedangkan untuk material dan machine bisakah membahas tentang membuat tools seperi form di excel untuk memudahkan pengadaan material yang selalu habis dipakai dan pengingat untuk maintenance mesin?
    apakah kurang bila menggunakan pendekataan fishbone diagram dan DMAIC sebagai alur pemecahan masalah?
    Terimakasih.

    1. Bisa saja menggunakan lean six sigma, terutama untuk fase identifikasi permasalahannya yaa. Setelah itu baru dilihat bagaimana solusi yang terbaik untuk menghadapi berbagai perbedaan metode. Lean six sigma adalah metode pemecahan masalah, bukan metode standardisasi proses supaya sama. Salah persepsi jika standardisasi proses berarti semua harus sama, itu standardisasi produk namanya.
      Excel hanyalah tools, bagi saya selama bisa menyelesaikan masalahnya yaa tidak apa-apa.
      Kurang atau tidak tergantung dari persepsi penguji skripsi kamu nantinya, apakah skripsi tentang six sigma masih diterima di kampus kamu. Di UI biasanya kita sudah jarang menggunakan six sigma untuk permasalahan sederhana, karena mirip dengan tugas perkuliahan.

  102. Selamat pagi pak, Saya Budi Praninata, saya kuliah jurusan TI dan saya bekerja di pabrik plastik. kira-kira TA yang cocok buat saya apa ya pak.? Terima Kasih

  103. assalamualaikum om hidayatno saya mahasiswa teknik industri smester 7, sekarang saya bekerja di suatu sekolah elite di jakarta sebagai staff Dikjar (Dinas Pendidikan dan Pengajaran) dan saya ingin membuat kepuasan pelayanan pelanggan metode apa yg sebaiknya saya pakai? thx

    1. Metode yang saya sarankan anda eksplorasi adalah metode semi kuantitatif, jadi misalnya berbasis kuesioner, tetapi dibobotkan jawabannya. Misalnya seperti AHP atau ServQual.

  104. mas saya udah semester 7 TI … lagi punya rencana nyusun judul skripis yang saya punya ide adalah rancangan alat tpi nanti pemilihan rancangany dengan AHP kira kira judulnya apa pak saya mengolah gaya bahasay supaya jdi judul yg baik belom bisa tolong bantu ya pak

    1. Ini suatu hal yang harus kamu diskusikan dengan calon pembimbing kamu atau pembimbing kamu, karena judul itu lebih ke arah “selera” dan kebiasaan dari tempat kamu belajar sekarang

  105. Pak, saya ingin mengmbil topik tentang postur kerja di sebuah lokasi dengan memberikan solusi yaitu perancangan sebuah produk, jika topik ini sudah pernah ada yang meneliti tetapi metode dan solusi yang diusulkan berbeda dengan yang akan saya usulkan apakah topik ini msh bisa sy usulkan?
    kemudian sy mau minta saran ada ga topik tentang postur kerja yang belum pernah di teliti? terima kasih

    1. Jika ada perbedaan metode maka biasanya diperbolehkan, terutama kalau kamu bisa memperjelas kelemahan dan kekuatan dari metode masing-masing. (methods comparisons). Untuk postur kerja bukan bidang saya secara penuh, silahkan berdiskusi ke dosen yang menguasai ini

  106. pak, saya mahasiswa baru teknik industri dan mendapat tugas untuk membuat karya ilmiah dengen tema ‘pengaruh sarjan teknik industri dalam pembangunan industri nasional’ . kira-kira hal apa saja yang bisa saya kaji berkaitan dgn tema tersebut ya pak ? mohon bantuannya 🙂

      1. pak saya mahasiswa semester akhir, saya bingung mencari judul skripsi teknik industri saya… saya mengambil bidang minat manajemen industri pada studi kasus koperasi produksi. kira-kira judul yang tepat apa ya pak ? terima kasih.

      2. Saya sarankan kamu mencari jurnal yang berhubungan dengan SME (Small Medium Enterprise), karena jenis industri ini memang memiliki tantangan yang berbeda dengan industri lainnya. Biasanya mereka tidak memiliki kemampuan untuk mendapatkan modal dan memasarkan produknya secara efektif, mereka hanya memiliki kemampuan produksi tanpa memperhatikan kebutuhan pasar seperti apa. Kemampuan adaptasi terhadap pasar menjadi kunci daya saing mereka.

  107. Pa saya Rifai, saya diminta untuk membuat Pra Proposal untuk tugas di kampus. Saya bekerja di Industri Manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan Alat-alat Berat seperti Excavator, kira2 judul yang sesuai untuk peningkatan kualitas atau kinerja karyawan apa ya pa? mohon pencerahan pa

    1. Coba cari terlebih dahulu apakah ada masalah dalam dua hal tersebut, lalu solusi yang diharapkan sehingga dapat dicari metode yang sesuai dengan kedua hal tersebut.

  108. pak saya tertarik untuk menganalisa tentang e commerce, tapi saya masih bingung akan menganalisa dari segi apanya.
    kalau dari bapak kira2 ada masukkan mengenai hal apa yang sebaiknya saya analisa dari e commerce untuk bahan skripsi saya tidak pak..
    terimakasih…..

    1. Implementasi biasanya menjadi tantangan e-commerce, apalagi di Indonesia, karena rantai suplai tidak seragam dalam pemahaman konsep e Commerce. Jadi bisa masuk dari manajemen proyek, manajemen resiko atau feasibility Analysis dari implementasinya

  109. Pa saya saya sedang mencari judul untuk TA saya..
    Saya mendapat tempat penelitian d gerbang tol cabang purbaleunyi..
    Kira2 apa ya yang cocok untuk d jadikan judul?
    Mohon referensi nya

    Terima kasih

  110. Assalamualaikum
    Saya mahasiswi semester 7 sedang mengambil tugas akhir, judul yang tepat untuk penelitian di PLTU apa yah pak ?

    Terima kasih

  111. pak saat ini kita dihadapkan dengan masalah sampah atau limbah baik oleh industri rumah tangga maupun manufacture pak …. kira kira bisa d jadiin focus topik buat skripsi gk pak.. dan langkah apa yang harus saya lakukan ke depannya pak.

    1. Waste management tentu bisa saja digunakan sebagai topik skripsi. Namun saya tidak begitu menguasainya, coba anda cari sendiri literatur yang sesuai. Gunakan 5M sebagai bantuan untuk membagi komponen analisa

  112. pak boleh minta saran mengenai topik-topik hangat apa saja yang sangat bagus untuk dijadikan tema skripsi?
    terimakasih

    1. Wah, coba masuk ke ranah konsep keberlanjutan, karena isu akan keseimbangan kebutuhan keuntungan ekonomi, kontribusi sosial dan menjaga lingkungan hidup kita.

  113. Selamata pagi pak , saya vani mahasiswa TI

    pak saya mau tanya kalau judul skripsi yang berkaitan dengan pengendalian data data pada gudang bagus nya seperti apa ya pak ??

    lalu kalau kalau judul skripsi mengenai analisa kelayakan untuk bisnis suatu restaurant apakah itu termasuk tehnik indusrti ???

    terimakasih

    1. Kalau pengendalian data mungkin sebaiknya ke arah standarisasi ISO, sistem informasi, dan manajemen pengetahuan.
      Kelayakan bisnis tergantung apakah kamu hanya murni finansial atau memasukkan unsur lain secara komprehensif dan integratif. Kembali ingat bahwa TI tidak hanya satu dimensi tapi multi-dimensi (5M)

  114. pak, saya mahasiswa smster 7 ingin mencari topik yang tepat buat skripsi smster depan, kebetulan saya bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengeringan kayu(Kiln Dry), tolong sarannya pak, topik yang sesuai dengan pekerjaan saya.

    1. Saya tidak terlalu paham dan kenal dengan proses klin dry untuk wood. Namun jika memang ada proses penambahan nilai makan pasti akan dibutuhkan sumber daya untuk melakukan proses tersebut, dan di TI kita mengenal 5M. Coba eksplorasi apakah ada masalah dalam setiap komponen 5M melalui interview atau missed targets, karena setiap masalah bisa menjadi sumber perbaikan, dan berarti sumber topik skripsi.

  115. maaf pak sebelumnya,saya ingin mengambil judul tentang usulan penerapan TQM pada perusahaan air mineral lokal
    yang saya bingungkan dalam perumusahan masalahnya pak
    apa yang harus saya buat dalam perumusan masalahnya dikarenakan saya mengambil topik pengusulan TQM
    trima kasih pak sebelumnya..

    1. Perumusan masalah harus dilakukan dengan melibatkan para pemegang kepentingan didalam bidang di perusahaan. Coba lakukan wawancara, analisa isu, bertanya dengan 5 whys. Kamu juga bisa mencari apakah ada yang bisa diperbaiki dengan lebih baik dengan browsing di internet tentang tantangan industri air dalam kemasan. Ingat masalah bukan hanya memperbaiki yang kurang namun juga mencoba meraih yang lebih baik

  116. Pak saya mahasiswa TI Institut Teknologi Nasional Bandung saya sedang mencari topik TA, saya tertarik dengan bidang bidang supply chain kira-kira metode apa dan referensi buku apa ya yg bisa saya pelajari utk mendalami masalah supply chain, baik itu supply chain collabs, green supply chain, dll.

    1. Untuk sebuah topik apapun, maka yang paling update biasanya bersumber dari paper ilmiah terkini, Carilah paper ilmiah yang bersifat deskripsi tentang peluang pengembangan ilmu tersebut di masa depan. Paper ilmiah semacam ini biasanya ditulis oleh editornya, pakar yang dianggap paling pakar, atau sebuah kumpulan kesimpulan kondiri keilmuan pada saat ini. Jadi bukan paper yang membahas spesifik seperti biasanya. Coba variasikan pencarian kata kunci ke arah ini, misalnya tambahkan kata “challenges, future of dsb” dalam pencariannya

  117. pak saya bingung mau skripsi tentang K3 atau ergonomi perancangan alat.. yang gampang mana ya pak?
    galau saya..
    kalau K3 saya ke perusahaan dan sudah dapat, tinggal penelitian.. kalau ergonomi pernah lihat alatnya lewat situs, akan saya sempurnakan, tapi saya diminta cari tau alat yang lain dulu sebelum merancang, mengukur ukuran detailalatnya, sedangkan saya hanya melihat di gambar dan video saja.. gmn pak?
    ergonomi atau K3?

    1. Saya tidak mengerti deskripsi anda tentang yang ergonomi, karena anda tidak mendeskripsikan alat apa yang dimaksud atau apakah anda diminta membuat alat
      Skripsi memiliki banyak dimensi yang harus diperhatikan, salah satunya kemudahan mendapatkan obyek penelitian. Jadi mana yang lebih nyaman buat anda?

  118. PAK mau nanya pak, apakah skripsi tentang penggunaan konsep TPM untuk teknik industri S1 itu terlalu mudah atau udah lumayan kategorinya. saya rencana gunakan konsep itu pak, OEE, six big losses, Fmea, LTA, penentuan jenis strategi perawatan, terakhir pemberian usulan perbaikan melalu basic 8 pilar TPM. ada masukan buat saya pak?
    makasih pak, ditunggu balasanya y pak

    1. Topik TPM sih secara klasik memang merupakan domain Teknik Industri, apalagi jika muatan reliabilitasnya akan kompleks (menggunakan pendeatan statistik industri misalnya). Namun tentang penerimaan apakah cukup mudah atau tidak, tergantung dari kebiasaan di kampus kamu.

  119. Salam kenal Pak.,
    Sya Victoria B, sya mhswa TI kelas karyawan, sya di kerja di bagian Mobile Equiptment Maintenance trus Semester depan sy sudah susun skripsi. Kira2 judul apa yang tepat untuk sya ajukan Pak.
    Mohon masukannya Pak.,trim’s…

    1. Terus terang saya tidak mengikuti perkembanganan maintenance management, karena menurut saya seharusnya kamu harus tetap mengambil topik skripsi tentang pemeliharaan. Coba deh eskporasi masalah dan target yang belum terwujud di bagian anda, lalu jadikan itu sebagai topik skripsi

  120. Mau nanya saya sedang mencari judul skripsi sekarang saya sedang kerja praktek di perusahaan manufaktur perakitan mobil kira2 judulnya yang tepat apa ya pak untuk jurusan teknik industri…
    Terimakasih banyak pak

    1. Wah saya juga bingung menjawabnya, biasanya kamu harus mencari terlebih dahulu permasalahannya apa. Jadi saya akan hanya memberikan saran untuk mencoba berdiskusi dengan mereka untuk mencari permasalahannya apa, lalu gunakan 5M untuk memetakan komponen dan 5W+1H pada setiap M untuk mendalami kemungkinan permasalahan.

    1. Coba petakan proses bisnisnya, petakan komponen sub-sistem dari jasa pelabuhan dan koneksinya, bandingkan kinerja yang seharusnya terjadi dengan kondisi saat ini. Jadi kamu bisa gunakan pendekatan quality improvement, pemodelan dan simulasi, optimasi, atau lainnya. Gunakan 5M untuk memetakan komponen dan 5W+1H pada setiap M untuk mendalami kemungkinan permasalahan

  121. Pak saya mau bertanya apakah mungkin metode AHP digunakan dalam kasus skripsi dalam lingkup management proyek suatu perusahaan? jika ya, dibagian mana? terima kasih 🙂

    1. Jika kembali pada kegunaan utama AHP adalah untuk melakukan prioritasi kriteria maka sebenarnya juga bisa digunakan didalam project management. Misalnya pada bagian pendefinisian kriteria sukses sebuah project, cost prioritization atau resources prioritizing dsb.

  122. halo pak,
    pak mau tanya nih. kira2 untuk metode skripsi dari sisi teknik industri nya. yang lagi up to date di tempat bapak mengajar atau di luar negeri mungkin..
    kira2 metode apa yah pak lumayan untuk referensi dan baca2 hehehe

    terima kasih sebelum nya

    1. Setiap kelompok sub bidang ilmu di teknik industri akan selalu berkembang karena sifat inklusif dari keilmuan TIUI. Saya tidak mengikuti secara detail di semuanya. Saran saya adalah membaca website IIE atau sumber lainnya yaa.

  123. pak maaf, boleh berikan saya masukan untuk mengambil judul skripsi yg tepat, jika saya adalah seorang teller sebuah bank swasta, dan saya akan mengambil skripsi d tempat sy bekerja ini, terimakasih banyak pak.

    1. Kata tepat menuntut adanya kesesuaian antar kriteria tema yang bisa diterima oleh kampus anda, jadi saya menghindari memberikan sebuah judul karena takut bagi saya tepat namun di kampus anda ternyata tidak.

      Jika dilihat secara tema, maka anda bisa membahas tentang kualitas layanan pelanggan langsung yang biasanya memiliki beberapa indikator utama: kecepatan dan ketepatan layanan yang dibutuhkan. Ini berarti bisa masuk ke tema kualitas, SDM dan optimasi/simulasi

  124. Saya berencana mengangkat topik manajemen risiko sebagai tugas akhir. studi kasus dilakukan pada perusahaan BUMN penyelenggara jasa pelabuhan. Apa pendapat Bapak? Terimakasih

    1. topik manajemen resiko di Teknik Industri harus menggunakan pendekatan kuantitatif, baik secara penuh ataubyang semi kuantitatif. Pendekatan kualitatif terlalu subjektif untuk ukuran teknik industri.

      Untuk jasa pelabuhan, cocok juga dianalisis secara manajemen resiko karena memang memiliki banyak sekali kemungkinan terjadinya unconformity dalam pelaksanaan Bisnis nya

  125. Mau nanya saya sedang mencari judul skripsi sekarang saya sedang kerja praktek di perusahaan kontraktor oil & Gas bidangnya konstruksi pembuatan platform lepas pantai kira2 judulnya yang tepat apa ya pak untuk jurusan teknik industri…
    Thanks….

    1. Petakan dalam 5M Teknik Industri: Man, Money, Machine, Methods dan Material. Maka kamu bisa masuk ke project management, risk management, human scheduling, material handling, supply chain dan lain sebagainya

  126. Assalamualaikum
    pak saya mahasiswi teknik industri semester 7. saya sedang mengambil skripsi, awalnya saya mengambil tema six sigma. namun kata dosen pembimbing saya, six sigma itu sudah terlalu umum, jadi harus ditambahin sesuatu yang berbeda. kira-kira apa ya pak yang membuat peneliatian six sigma saya jadi berbeda, soalnya setahu saya six sigma tools nya yaa itu-itu aja, dan tidak bisa di integrasikan dengan metode lain. mohon sarannya ya pak, terimakasih

    1. Coba memandang six sigma sebagai langkah-langkah pemecahan masalah yang masih bisa menerima tambahan tools lain selain yang biasa dilakukan. Mungkin pada analisa statistiknya, cara penyusunan kerangka kerja dan lain sebagainya. Cari tools yang digunakan di bidang ilmu lain, yang mungkin bisa diintegrasikan. Ingat, keilmuan teknik industri memang inklusif, artinya kita tidak hanya menciptakan sendiri, namun juga mengadopsi pendekatan, model, metode dan alat dari bidang ilmu lainnya.

  127. pak mau tanya,,topik skripsi bidang quality improvement yang paling sesuai digunakan di perusahaan BUMN selain lean six sigma apa ya?

    1. Lean six sigma adalah metodologi yang memiliki tools di dalamnya, jadi pertanyaan jadi ndak relevan, karena topik skripsi utk S1 biasanya pada problem nya bukan pada alat atau methods

  128. Selamat sore Pak, ijin tanya untuk Quality function Deployment pada pembuatan House of Quality ada yang tradisional dan Modifikasi (ini saya dapat dari jurnal) mohon informasi mengenai perbedaan antara HOQ tradisional dan HOQ modifikasi?
    Terima kasih

    1. QFD adalah sebuah metodologi formal dengan HoQ sebagai alatnya, sehingga modifikasi sering dilakukan kemudian disebut sebagai modified QFD.
      Modifikasi tentu saja memungkinkan, karena alat dasar HoQ adalah Matriks Tool yang dikenalkan di 7 New Tools of Quality, sehingga penambahan kolom atau baris, atau juga atap samping bisa dilakukan. Karena banyaknya kemungkinan, saya jadinya tidak tahu secara spesifik modifikasi apa yang dimaksud dalam jurnal yang anda baca.

  129. Pak Hidayatno, saya sedang ingin membuat penulisan ilmiah (skripsi) dengan tema pengukuran kinerja dalam hal ini saya ingin membawakan judul yang ada kaitannya dengan Kinerja pada suatu departement dengan output dari kinerja tersebut adalah Key Performance Indicators pada departement tersebut. Saya ingin minta informasi mata kuliah apa saja yaa yang saya harus persiapkan kembali untuk mengambil tema tersebut? Dan mungkin Bapak bisa kasih saran ke saya buku-buku apa saja yang harus saya siapkan?

    Terima kasih pak atas perhatiannya.
    Hormat saya,
    Lukman

    1. Biasanya kuliah khusus manajemen kinerja di Teknik Industri adalah kuliah pilihan bukan kuliah wajib, sehingga belum tentu ada di kampus anda. Di kurikulum kesepakatan bersama di BKSTI juga tidak mencantumkan hal ini, namun tersebar di berbagai perkuliahan. Untuk TIUI konsep kinerja diajarkan melalu kuliah-kuliah manajemen kualitas.
      KPI sendiri sebenarnya adalah sebuah produk, prosesnya dulu dikenal sebagai management by objectives atau MBO. Evolusinya ke Balanced Score Card (BSC) dan lain-lain. Yang perlu disadari adalah pembentukan KPI yang baik membutuhkan pemahaman terhadap proses organisasi baik di sisi manusia, mesin, method, material dan uang, itulah mengapa konsep itu tersebar di perkuliahan teknik industri.

      PS Saya berasumsi anda mahasiswa teknik industri yaa. Maaf kalau saya salah.

      1. Iya benar Pak saya mahasiswa Teknik Industri, tapi saya baru semester 5. Saya menanyakan hal ini karena nanti di semester 6-7 saya akan bertemu dengan penulisan ilmiah, jika tulisan ilmiah itu bagus kemungkinan bisa dilanjutkan untuk skripsi.

        Saya terlintas dipikiran kenapa saya ingin mengambil tema manajemen kinerja tersebut dengan produk KPI adalah karena saat ini ditempat saya bekerja saya sedang develop KPI dari sebuah Sub Dept. oleh karena saya belum mempelajari teknik industri sampai semester akhir, saya meminta solusi atau pendapat kepada Bapak tentang apa saja yang saya harus persiapkan baik dari materi atau pun buku-buku. Pada akhirnya nanti ketika memasuki jadwal penulisan ilmiah saya akan bertanya juga kepada dosen pembimbing saya nanti tentang tema yang saya kan ambil.

        Terima kasih pak atas tanggapannya, berguna sekali buat saya khususnya.

        Salam Industri

  130. permisi mau tanya,saya sudah punya judul, perencanan dan perancangan prodak tanga dengan sisitem rakitan, metode yang di gunakan apa yah mas?? klo denagn di tambah ergonomi K3 gmn

    1. Saya kira menggunakan pendekatan perancangan produk yang diajarkan di TI juga bisa, dan akan lebih baik pula jika ditambahkan aspek ergonomi K3. Secara umum perancangan produk memang berbasis kepada keinginan pengguna, jadi aspek ergonomi akan muncul jika memang diinginkan oleh pengguna.

  131. om, mau tanya dong.. kalau di perusahaan manufaktur yang bersistem “make to order” apakan Lean manufacturing, tpm, dmaic? bisa dijadikan bahan skripsi saya?

    1. Bisa, karena semua yg kamu sebutkan tidak bergantung terhadap tipe produksi apakah made to order atau made to stock. Semuanya berorientasi pada peningkatan operasional.

  132. permisi mas mau minta masukan nya, kira – kira tema skripsi yang cocok untuk dunia industri non manufacture ( perusahaan jasa konstruksi baja ) apa ya ? saya sudah berbulan – bulan mencari referensi di mbah google dan perpustakaan kampus saya, tapi kesemua nya merucut pada dunia industri manufacture. mohon pencerahan nya ya mas. trima kasih

    1. Google adalah “mesin” pencari, sebagai mesin maka apa yang kita dapatkan tergantung dariapa yang ketikkan. Istilah dalam dunia informasi dikenal sebagai GIGO, Garbage In Garbage Out, kalau yang dimasukin sampah yaa keluarnya sampah. Saya terus terang kok bingung anda nggak dapet apa yang anda cari, apalagi berbulan-bulan 😉 Jangan kesal yaa. Artinya anda belum menjadi “master” google atau anda tidak bisa memutuskan cocok atau tidak.

      Jika yang pertama problemsnya, cobalah fitur advanced search, fokuskan kepada jurnal ilmiah – institusi riset dll, karena disitulah letak bobot skripsi, bukan pada artikel lepas saja.

      Jika yang kedua, pahami dulu sistem industri jasa konstruksi baja: 5Mnya gimana, apakah ada kemiripan dengan industri lain, karena kemiripan berarti peluang problem yang sama.

      Ingat problem bukanlah karena saat ini lebih buruk, tetapi ketika kita ingin lebih baik.

  133. Salam kenal Pak Hidayatno, dari artikel Bapak di atas ada kalimat ” Dalam ilmu teknik, kita tidak menerima studi literatur yang sama sekali tidak memiliki dasar kuantitatif.”, apakah berarti dlm teknik industri Tugas Akhir tidak bisa studi pustaka dan harus studi kasus.
    mohon bimbingannnya
    Terima kasih

    Antonius

    1. Studi Literatur dalam artikel ini memiliki maksud yang berbeda dengan studi pustaka dalam skripsi. Studi literatur yang saya maksud adalah sebuah karya tulis rekayasa yang hanya berorientasi untuk membandingkan pendekatan atau metodologi dengan tujuan hanya untuk memberikan analisa perbandingan saja. Contohnya sebuah skripsi yang ingin membandinkan pro dan kontra dari JIT dan MRP misalnya.

      Studi pustaka dalam skripsi memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa melihat alternatif metodologi dan metodologi yang dipilih termasuk dasar keilmuannya dibahas dan diramu sehingga bisa menjawab sebuah pertanyaan sederhana “Kenapa memilih cara ini? kenapa bukan cara lain?”

  134. pak, saya sedang bingung mencari topik skripsi t.industri, bisa tolong saya memberikan beberapa ide ? terima kasih

    1. Saran saya adalah untuk mencari di perpustakaan kampus (baik kampus sendiri atau lain), mencari di paman google, di website kampus di luar negeri dan sebagainya. Saat ini saya belum memiliki ide karena sedang fokus menyelesaikan studi saya sendiri, maaf yaa.

  135. Bagaimana ya pak….belajar dan mengetahui tantangng teknik industri yang efektif dan terampil untuk semua orang?

    1. Kok pertanyaannya ujung akhir gini? Apa yg kamu pikirin sehingga keluarnya pertanyaan ginian?
      Kalau kata mahasiswa saya di kampus, ini pertanyaan semi-galau.

      Setiap kita bertanya, kita selalu lupa tidak menceritakan ‘latar belakang’ dr pertanyaan kita, ini bisa mengakibatkan jawaban atas pertanyaan kita jadi tidak berkualitas, dan jika ini terjadi, sayang sekali.

      Yg ditanya khan ini jawabannya bisa memang menjawab pertanyaan, tidak menambah bingung.

      Kamu mikirnya apa?

    1. Wah untuk yang kategori jurnal memang tergantung masing-masing universitas apakah berlanggana, karena memang jurnal ilmiah memang jarang sekali yang benar-benar gratis. Cara lain adalah: dari target jurnal yang kamu ingin dapatkan, biasanya kalau kamu email authornya untuk bisa mendapatkan jurnal dia, maka dia akan mau memberikan. Sebagai timbal balik atau persyaratan, author akan meminta kamu untuk mengirimkan dulu proposal penelitian kamu atau CV dll.

  136. artikelnya bagus pak, bisa jadi sumber inspirasi buat rekan2 yang sedang mencari topik skripsi, boleh saya teruskan ke blog saya??

      1. selamat malam pak, saya mampir di blog bapak karna sy tertarik membacanya.
        saya mau tanya topik yang pas untuk ergonomi dan perancangan sistem kerja kira-kira apa ya pak, buat skripsi. semoga dapat pencerahan. trimakasih pak

      2. Coba kamu cari artikel di blog ini tentang bagaimana memulai dalam mencari topik skripsi. Sebuah topik kan akan pas jika kamu mengetahui permasalahan yang dihadapi .

Tinggalkan komentar