Sebagai penggila buku yang suka melahap buku, saya baru saja mengambil kesimpulan bahwa buku-buku tentang manajemen sebenarnya bisa dikategorikan kedalam salah satu atau beberapa kombinasi dari 4 hal: Alat (Tools), Metodologi (Methods), Konsep (Concepts), Model
Pembagian ini saya anggap mampu mendeskripsikan buku-buku manajemen yang ada serta membantu saya untuk lebih memahaminya dan menetapkan eskpektasi dari buku tersebut. Pada aspek yang lain, bagi anda yang sedang mencari solusi dari permasalahan yang anda dapati di dunia bekerja maka pastikan anda mendapatkan buku yang tepat.
1. Alat – Tools
Buku yang membahas hal ini menawarkan satu atau beberapa alat yang bisa membantu kita melakukan sesuatu hal yang spesifik dan fokus. Jika anda mencari bagaimana menilai kinerja bawahan anda misalnya, maka buku tentang alat ini memberikan solusi yang bisa langsung anda terapkan.
2. Metodologi – Methods
Buku yang membahas tentang langkah per langkah (step by step) yang sebaiknya anda lakukan ketika anda ingin memecahkan suatu permasalahan atau melakukan suatu perbaikan.
3. Konsep – Concepts, Approaches
Buku yang membahas tentang sebuah konsep atau pendekatan yang baru dan mencerahkan (enlightment) melalui sebuah argumentasi yang logis. Bisa saja pendekatannya tidak baru tetapi cara untuk berargumentasinya lebih bisa diterima misalnya karena menggunakan contoh kasus industri yang serupa atau industri lokal dibandingkan industri negara lain.
4. Model
Model lebih berupa rujukan. Buku yang membahas model menjabarkan tentang sebuah rujukan organisasi yang menurut penulisnya berhasil mencapai prestasi yang ingin dicapai pula oleh organisasi kita. Secara pribadi individu, buku seperti ini mirip dengan buku otobiografi orang-orang besar dan terkenal, kita membacanya karena ingin tahu bagaimana mereka menjalani kehidupannya dan menjadi panutan bagi kita. Dalam konsep organisasi ini diterjemahkan sebagai gap analysis yaitu apa beda kita dengan organisasi rujukan, dan perbedaan itulah yang menjadi titik tolak perbaikan. Kita sering bingung kalau sudah dihadapkan dengan begitu banyaknya permasalahan organisasi: mulai dari mana? bagaimana caranya? apa yang harus dipersiapkan? dsb. Konsep Model membantu kita menjawab pertanyaan ini.
Kembali saya ingatkan, bahwa buku-buku bisa saja membahas kombinasi dari beberapa hal diatas. Pembagian ini hanyalah untuk memudahkan mendapatkan apa yang sebenarnya anda cari dari buku tersebut

Tujuan saya membedakan keempat kategori diatas adalah memudahkan kita dalam proses membumikan konsep. Jika sebuah konsep/pendekatan kita rasa baik dan dapat diimplementasikan, maka pertanyaan berikutnya adalah bagaimana caranya? Bisa dimulai dengan mencari model, kemudian memilih metode dan tools yang tepat.
Buku-buku yang berat ke konsep seperti Balanced Score Card – Kaplan, the Six Sigma way – Peter S. Pande, atau The Machine That Changed the World : The Story of Lean Production by James P. Womack,.
Saya menggunakan istilah “berat ke” karena biasanya sebuah buku memasukkan kombinasi dari pembagian diatas.
Buku tentang berat ke tools seperti the Quality Toolbox Nancy R Tague, atau 7 New Tools, Consultants Toolkits.
Buku tentang berat ke methods Six Sigma Fieldbook, Toyota Way Fieldbook, dsb
Buku tentang model seperti The Starbucks Experience, Google Story, The IBM Way, The Apple Way, the Toyota Way, atau buku-buku tentang standard dunia ISO, MBNQA dsb
Barangkali bisa dikasih contoh judul buku Pak untuk tiap kategori tersebut di atas?
Thanks
[…] Konsep, Model, Metode dan Alat dalam Manajemen Kualitas Seiring dengan waktu, saya memandang bahwa sebuah ilmu manajemen dapat dibagi secara sederhana menjadi 4 bagian: konsep, model, metode dan alat. (silahkan baca artikel ini). […]